Dorong UBB Dekat dengan Generasi Milenial dan Z Melalui Medsos, Ini Kata Ibrahim

ADVERTORIAL    •    Sabtu, 24 Juli 2021 | 17:04 WIB
Lokal
Pemberian Piagam Penghargaan bagi tiga besar dengan 5 media sosial teraktif, terkreatif dan terinformatif, serta 3 besar website terbaik di lingkungan Universitas Bangka Belitung.(ist)
Pemberian Piagam Penghargaan bagi tiga besar dengan 5 media sosial teraktif, terkreatif dan terinformatif, serta 3 besar website terbaik di lingkungan Universitas Bangka Belitung.(ist)

MERAWANG,wowbabel.com -- Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB), Dr Ibrahim MSi menyadari bahwa kampus harus selalu dekat dengan generasi muda, yakni generasi Milenial dan Z. Proses mendekati para generasi muda ini menurutnya tidak terlepas dari upaya unit kerja, dan program studi yang ada di kampus dalam memanfaatkan beragam media sosial dan website yang tersedia saat ini.

Oleh karenanya, dalam rangka mengapresiasi program studi dan unit kerja di UBB yang sudah aktif bermedia sosial dan mengelola website, juga untuk menstimulus bagi yang belum begitu aktif, maka pihak universitas melakukan proses penilaian terhadap aktivitas akun resmi media sosial dan website yang dimiliki prodi serta unit kerja yang ada di UBB; lalu mengumumkan secara terbuka (dengan sistem hybrid); dan memberi penghargaan kepada 3 besar akun media sosial dan website yang teraktif, terinformatif, dan terbaik. 

Adapun akun media sosial yang dinilai, terdiri dari website, instagram, facebook, youtube, twitter, dan linkedin.

“Hari ini kami akan memberikan Piagam Penghargaan bagi tiga besar dengan 5 media sosial teraktif, terkreatif dan terinformatif, serta 3 besar website terbaik. Bagi yang berada di peringkat 1 dari masing-masing media sosial dan website, kami juga akan memberi insentif atau uang penghargaan,” ungkap Ibrahim ketika memberi sambutan di acara seremonial pengumuman dan pemberian penghargaan bagi akun media sosial dan website terbaik, Jumat (23/7/2021).

Ibrahim juga menyampaikan, era sekarang adalah era media sosial. Sehingga ia berharap agar semua civitas akademika di UBB memanfaatkan dengan maksimal semua akun media sosial, untuk menyosialisasikan setiap aktivitas di kampus ke publik, khususnya kepada generasi milenials dan Z yang saat ini mendominasi penggunaannya.

Menurut Ibrahim, saat ini orang-orang tidak lagi menggunakan cara konvensional untuk mencari tahu tentang kampus dan aktivitas yang dilakukan para civitas di dalamnya. 

“Orang-orang tidak akan banyak lagi menggunakan cara  dengan mendatangi langsung kampus dan/atau menelepon sekadar untuk mendapatkan informasi. Melainkan mereka lebih memilih untuk berselancar di media sosial atau membuka website resmi kampus untuk memperoleh informasi yang mereka inginkan”, ujar Ibrahim.

Oleh karenanya menurut Ibrahim, tidak ada cara lain dalam memaksimalkan promosi kampus ke publik dan mendekatkan kampus dengan para generasi milenials dan Z, selain aktif menggunakan media sosial dan website resmi yang dimiliki Unit Kerja dan Prodi saat ini.

Adapun berdasarkan penilaian terhadap 5 Media Sosial dan Website selama periode Januari sampai dengan Juni 2021; untuk kategori Unit Kerja, tampak UPT Perpustakaan yang mendominasi peringkat tertinggi. Sementara untuk kategori Prodi, adalah prodi Akuntansi yang berhasil meraih nilai tertinggi di lebih dari satu jenis media sosial (daftar hasil pemeringkatan lengkapnya akan dikirimkan semua unit kerja dan program studi). 

Pada acara seremonial pengumuman dan pemberian penghargaan yang berlangsung secara hibryd pada hari Jumat (23/07/2021) tersebut, hadir juga para Wakil Rektor, Kepala Biro, Para Dekan, Ketua Lemba, Kepala UPT dan  Ketua atau Sekretaris semua Program Studi yang ada di UBB. (adv/*)




MEDSOS WOWBABEL