Hadiri Pameran Peringatan Hari Koperasi Erzaldi Tertarik Olahan Pohon Pinang

Dwi H Putra    •    Kamis, 15 Juli 2021 | 15:38 WIB
Lokal
Caption: Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat pameran dalam memperingati Hari Koperasi ke-74 di halaman Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (15/7/2021).  (dwi/wb)
Caption: Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat pameran dalam memperingati Hari Koperasi ke-74 di halaman Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (15/7/2021). (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Hasil kerajinan dan produk makanan serta minuman dihadirkan dalam pameran dalam memperingati Hari Koperasi ke-74 di halaman Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (15/7/2021). 

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, mengatakan peringatan ini diharapkan menjadi momentum bagi koperasi dan pelaku UMKM di Babel lebih berkembang kedepannya. 

"Mari terus berupaya meningkatkan koperasi dan UMKM menjadi lembaga yang bermanfaat bagi pengurus dan anggotanya," kata Erzaldi usai meninjau sejumlah galeri. 

"Selain itu, sekaligus menjadi ujung tombak kebangkitan penggerak perekonomian, terutama dimasa sekarang ini akibat pandemi Covid-19," ajaknya. 

Menurutnya, koperasi dan UMKM sekarang ini menjadi garda terdepan dalam meningkatkan perekonomian di masyarakat, karena masih banyak koperasi dan UMKM bertahan sedangkan perusahaan besar terpuruk. 

"Ini membuktikan dan mengharuskan semuanya mendukung koperasi dan UMKM untuk terus berkembang," jelas Erzaldi. 

"Hari ini juga kami mengevaluasi dan mengakurasi produk-produk yang sudah ada dengan pembinaan supaya bisa tampil kedepan dan lebih baik lagi," paparnya. 

Lanjutnya apalagi saat ini permintaan ekspor pinang sangat tinggi walau pun masih bekerjasama dengan Jambi, sehingga pengembangan hasil olahan pohon pinang ini akan dioptimalkan secara merata baik melalui perkebunan, minuman dan lainnya.

"Tadi ada bahan dari pohon pinang seperti piring yang menggantikan plastik dan steorofome, tidak itu saja ada olahan buah pinang kering yang saat ini dibutuhkan negara lain," tandasnya.

"Dalam waktu dekat ini akan ada pameran di Dubai, kami sudah bekerja sama dengan Departemen Dalam Negeri (Depdagri) serta Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag) untuk ikut serta mempromosikan hasil koperasi dan UMKM dari Babel disana," terangnya. 

"Produk ini nantinya bukan bentuk jualan, tapi dalam bentuk kontrak kerja untuk setiap produk makanan dan lainnya, sehingga bisa diekspor," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL