Ratusan Nelayan Akhirnya Tinggalkan KIP CBL

Dwi H Putra    •    Rabu, 14 Juli 2021 | 20:33 WIB
Lokal
Ratusan nelayan yang menduduki Kapal Isap Produksi (KIP) Citra Bangka Lestari (CBL)  di Perairan Air Antu Dusun Bedukang, Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka akhirnya meninggalkan kapal.(ist)
Ratusan nelayan yang menduduki Kapal Isap Produksi (KIP) Citra Bangka Lestari (CBL) di Perairan Air Antu Dusun Bedukang, Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka akhirnya meninggalkan kapal.(ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Ratusan nelayan yang menduduki Kapal Isap Produksi (KIP) Citra Bangka Lestari (CBL)  di Perairan Air Antu Dusun Bedukang, Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka akhirnya meninggalkan kapal. 

"Nelayan menduduki kapal sejak Senin (12/7/2021), semua nelayan sudah turun dari KIP CBL dan saat ini dalam proses evakuasi kapal dari lokasi," kata Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan SIK di Sungailiat, Rabu (14/7/2021). 

Lanjutnya, sebelum para nelayan turun empat unit kapal patroli milik Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung langsung mengepung KIP CBL, dengan menggunakan pengeras suara meminta nelayan untuk meninggalkan kapal.

"Awalnya ratusan nelayan sempat tidak menggubris imbauan tersebut," jelas AKBP Widi. 

"Setelah imbauan sampaikan berulang kali, bahkan diancam akan diturunkan paksa. Barulah berangsur nelayan bergerak naik ke kapal mereka yang ditambatkan di KIP CBL," paparnya. 

Para nelayan ini kemudian menggunakan delapan perahu meninggalkan KIP CBL menuju Pantai Bedukang.

Para nelayan ini tampak masih berkumpul beberapa saat di kawasan Pantai Aik Antu, sedangkan aparat dari Sat Reskrim dan Sat intel Polres Bangka hanya memantau saja tanpa mengambil tindakan.

"Jadi KIP yang diduduki warga itu rusak tidak bisa jalan, kemudian didatangkan KIP lain menarik menuju Perairan Air Kantung Sungailiat," pungkas Kapolres Bangka. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL