Kasus Melonjak, Ruang Isolasi RS Covid-19 Hampir Penuh

Dwi H Putra    •    Rabu, 14 Juli 2021 | 11:36 WIB
Lokal
Caption: Rumah Sakit untuk Pasien Covid-19 di Bangka Belitung. (dwi/wb)
Caption: Rumah Sakit untuk Pasien Covid-19 di Bangka Belitung. (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Lonjakan kasus terpapar Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus melonjak. Hal ini mengakibatkan rumah sakit khusus pasien Covid-19 yang terletak di Air Anyir, Kabupaten Bangka hampir penuh. 

"Dari data yang ada 100 bet yang ada sudah terisi 72 bet, jadi masih ada 28 bet yang tersisa," kata Direktur RSUD dr Ir Soekarno Babel, dr Armayani Rusli, Rabu (14/7/2021).

"Namun, ada satu bet yang disiapkan khusus bagi ibu hamil yang terpapar Covid-19, jadi apabila ada yang bakal melahirkan sudah disiapkan satu bet khusus," ujarnya. 

Lanjutnya dari 100 bet tersebut terbagi 25 bet khusus pasien darurat dengan resiko tinggi sedangkan 75 bet ruangan biasa, dengan petugas pelayanan sebanyak 60 orang terbagi tiga shif. 

"Saat ini jika dipersentase sudah 72 persen atau diambang batas maksimal," jelas Armayani. 

"Nah untuk kebutuhan oksigen dari lima tabung digunakan secara bergantian bagi pasien yang darurat, penggunaannya diganti setiap dua jam sekali," paparnya. 

Armayani menambahkan pihaknya saat ini selain memproduksi oksigen sendiri juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan oksigen yang ada di Babel. 

Sementara itu, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, sebelumnya mengatakan terkait lonjakan signifikan di Babel akan melakukan sejumlah persiapan jika tidak ada penurunan kasus.

"Jika memang nanti rumah sakit Covid-19 ini penuh, maka alternatif lainnya dengan menggunakan rumah sakit umum disetiap daerah," tandas Erzaldi. 

"Dan untuk pelayanan biasa nantinya diserahkan ke rumah sakit swasta, jadi pelayanan kesehatan tetap berjalan maksimal," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL