Diduga Tersenggol Truk, Tugu Duren Muntok Roboh

Chairul Aprizal    •    Selasa, 13 Juli 2021 | 20:30 WIB
Lokal
Runtuhan Tugu Duren Kota Muntok yang sudah roboh.(rul/wb)
Runtuhan Tugu Duren Kota Muntok yang sudah roboh.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Tugu Duren yang merupakan salah satu ikon Kota Muntok, roboh dan sempat piralkan di media sosial.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Barat, Ridwan menerangkan jika Tugu Duren ini dulunya dibangun oleh PT Timah Tbk sebelum asetnya dimiliki oleh pemda dan dikelolah DLH Bangka Barat pada tahun 2009.

"DLH ini dapat limpahan dari PT Timah, kemarin waktu pelimpahan ini dulu sepertinya itu alas haknya itu belum ada (surat tanah-red)," ungkap Ridwan saat ditemui wowbabel,  Selasa (13/07/2021).

"Sehingga sempat menjadi masukan BPK agar beberapa taman termasuk yang taman Tugu Duren ini dibuat alas haknya dan beberapa hari yang lalu sudah diukur dan dibantu oleh pihak kecamatan," kata Ridwan.

Ridwan tidak mengetahui pasti apa penyebab Tugu Duren itu roboh bisa jadi faktor alam, faktor konstruksi yang sudah lama, disengaja (ada yang rusak), atau akibat banyak kendaraan besar sering parkir disampingnya.

"Kami pun tahunya itu sudah roboh jadi waktu kemarin lewat pas pulang berhenti, bapak foto kirim ke pengurus barang bahwa tugu roboh, nanya ke orang yang jualan bakso atau apa di situ kayaknya sekitar dua hari yang lalu katanya," tutur Ridwan.

Ternyata kata Ridwan sebelum roboh tugu tersebut sebelumnya sudah sempat ditunjang dengan kayu karena sudah miring.

"Kemungkinan besar harus dibangun kembali, ya mungkin dibangun sesuai namanya kita kan menghargai, jangan sampai jadi Tugu Mangga kan kasihan," tukasnya.

Ditambahkan Ridawan, mengubah Tugu Duren menjadi tugu lain maka akan mengubah bentuk administrasi lagi karena sudah banyak dokumen yang menyebutkan bahwa itu adalah Tugu Duren sehingga kemungkinan akan tetap seperti itu kecuali mau dirubah administrasinya dan prosesnya karena menyangkut aset.

Jika anggaran perubahan 2021 ini dimungkinkan maka akan dibangun kembali kalau tidak maka akan dibangun tahun berikutnya.

Berdasarkan versi Camat Muntok Sukandi bahwa Tugu Duren itu sudah roboh sejak tanggal 8 Juli 2021 kemarin dimungkinkan akibat tersenggol truk yang parkir di sampingnya.

"Iya emang lah ditahan dengan kayu, infonya sebabnya disenggol mobil truk. Yang bangun PT  Timah, iya sempat ditunjang dengan kayu," tukas Camat Muntok.(rul/wb)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL