Pasokan China Terbatas, Harga Timah Akan Terus Naik

Tim_Wow    •    Rabu, 07 Juli 2021 | 08:45 WIB
Ekonomi
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

LONDON, www.wowbabel.com -- Produksi timah olahan China pada Juni naik 10,9% dari bulan sebelumnya menjadi 15.567 ton.  Produksi timah China pada Januari-Juni mencapai 87.000 ton, naik 24,7% dari paruh pertama tahun 2020. 

Namun kenaikan produksi timah diperkiraan turun pada bulan Juli mengingat pasokan yang terbatas.

Peningkatan produksi timah olahan China terjadi karena pembatasan penggunaan listrik di  pusat peleburan timah Yunnan Tin dimulai  akhir  bulan lalu.  Antaike sebuah lembaga survei  memperkirakan produksi timah olahan China akan berkurang pada Juli  karena adanya pembatasan penggunana listirk di pabrik peleburan dan kekuarangan pasokan konsentrat dari Myanmar. 

“Pasokan bijih timah masih terbatas karena pembatasan virus corona di Myanmar berarti tingkat operasi di tambang negara itu  akan tetap rendah, sementara tambang Yinman di Mongolia belum dimulai kembali,” tulis Antaike yang dikutip oleh Reuters, Selasa (6/7/2021).

Produksi timah olahan China diperkirakan turun secara signifikan pada Juli, setelah produsen utama Yunnan Tin menghentikan produksi di peleburan utamanya mulai 28 Juni hingga 45 hari.

Sedangkan harga timah di Shanghai Futures Exchange naik  2,6%  sekaligus  rekor tertinggi, yakni  219.550 yuan (US$33.957) per ton pada hari Selasa.

Harga timah juga terkerek di pasar logam London Metal Exchange (LME) bersama harga logam lainnya.  Harga timah pada penutupan pasar Selasa malam mecapai US$31.880 per metrik ton. Untuk jangka panjang, analis Shanghai Metal Markets memperkirakan harga timah akan berada pada tren kenaikan mengingat pasokan ke pasar yang masih tersendat. (wb)



MEDSOS WOWBABEL