Sejak Januari di Kabupten Bangka Tercatat 35 Kasus DBD

Dwi H Putra    •    Sabtu, 26 Juni 2021 | 13:04 WIB
Lokal
Caption: Kepala Dinkes Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti. (dwi/wb)
Caption: Kepala Dinkes Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti. (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat sejak asal tahun 2021 sudah tercatat sebanyak 35 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). 

"Dari sebanyak 35 kasus, tertinggi di Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat dengan penderita sebanyak delapan orang," kata Kepala Dinkes Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti, Sabtu (26/6/2021).

"Namun hal itu belum termasuk dengan kategori Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk Kasus DBD yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti ini," ujarnya. 

Lanjutnya sejak Januari 2021 terdata di Puskesmas Sungailiat enam kasus, Puskesmas Sinar Baru sebanyak tiga kasus, Kenanga sebanyak delapan kasus, kemudian di Pemali, Bakam, Belinyu, Gunung Muda dan Riau Silip serta Puding Besar masing-masing satu kasus, Batu Rusa sebanyak empat kasus, Petaling nol dan Penangan sebanyak enam kasus. 

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi melonjaknya kasus DBD, masyarakat harus turut berperan serta menjaga lingkungannya dengan melaksanakan 4M yakni menguras, menutup, mengubur barang bekas dan memantau jentik nyamuk. 

"Masyarakat melaksanakan 4 M dan jangan biarkan ada air yang tergenang di dekat lingkungan rumah," pungkas dr Then. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL