Perumda Tirta Bangka Jajaki Pembayaran Lewat Alfamart dan Indomaret

Dwi H Putra    •    Jumat, 25 Juni 2021 | 15:46 WIB
Lokal
Caption: Direktur Perumda Air Minum Tirta Bangka, Suhendra saat menggelar rapat. (dwi/wb)
Caption: Direktur Perumda Air Minum Tirta Bangka, Suhendra saat menggelar rapat. (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berusaha meningkatkan layanan, apalagi setelah penilaian BPKP dalam kondisi baik dan sehat tiga tahun terakhir ini.

"Sejak 2018 dalam kondisi sehat atas audit BPKP, tahun 2020 mendapat WTP dari BPKP serta penghargaan bintang tiga," kata Direktur Perumda Air Minum Tirta Bangka, Suhendra di Sungailiat, Jumat (25/6/2021). 

Lanjut Suhendra, usia mengunjungi Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes, Jawa Tengah, pihaknya mendapat beberapa hal positif untuk ditiru antara lain soal sejumlah kerjasama pelayanan pembayaran serta peningkatan pelanggan.

Perumda Air Minum Tirta Baribis berdiri sejak tahun 1992 yang audit keuangan BPKP tahun 2020 mencapai point 3,49 dalam kondisi sehat dan baik. Sebanyak 160 pegawai yang mendukung Perumda Tirta Baribis.

Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes, saat ini telah memiliki sebanyak 36.666 pelanggan, selanjutnya menargetkan 20 ribu pelanggan sehingga nantinya mencapai 56 ribu.

Beberapa program telah disiapkan untuk menciptakan pelanggan baru sampai ke bagian unit, termasuk menambah produksi air hingga diskon sejumlah program. Tercatat laba perusahaan mencapai Rp 5.302.919.715 pada tahun 2020.

"Kami ingin kemandirian setelah 28 tahun bergantung dengan pemerintah daerah, alhamdulillah sekarang sudah mandiri walau laba masih kecil dengan capaian Rp 12 ribu pelanggan," ujarnya. 

"Soal pembayaran kami telah bekerjasama dengan pihak perbankan, tokopedia, link aja dan shoope, kedepan kami akan menjajaki dengan Alfamart dan Indomaret," jelas Suhendra. 

"Apalagi di Bangka sudah ada 14 unit Alfamart dan Indomaret. Biar masyarakat tinggal milih bayar kemana dan pelayanan meningkat," harapnya. 

Saat ini juga pihaknya terus berusaha meningkatkan pelayanan karena sesuai amanat peraturan, 80 persen fungsi perusahaan umum daerah harus mengedepankan pelayanan.

Kedepan, ada keinginan menyisihkan laba bersih perusahaan kepada pemerintah daerah yang selama ini telah memberi modal penyertaan.

Salah satu layanan yang diberikan juga soal pemasangan dengan tarif sama pada semua kecamatan khususnya tarif reguler Rp 1,5 juga per pemasangan.

"Rencana lainnya, Perumda Air Minum Tirta Bangka akan memproduksi air minum kemasan pada tahun 2022," tukas Suhendra. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Bangka, Mendra Kurniawan, terkait kinerja Perumahan Perumda Air Minum Tirta Bangka selama tiga tahun terakhir cukup berjalan lancar, hal ini ditandai tak ada lagi polemik pembahasan Perumda Air Minum Tirta Bangka di tingkat legislatif.

"Alhamdulillah sampai sejauh ini Perumda Air Minum Tirta Bangka, survive. Dulunya disebut perusahaan daerah air mandi sekarang disebut perusahaan air minum," ujarnya.

"Kami berharap kondisi PDAM yang secara kesejahteraan karyawan kondisinya dinilai sudah lebih baik dari sebelumnya kian meningkat kedepannya," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL