Kemenhub Justru Pertimbangkan Pelabuhan di Luar Pangkal Balam

Tim_Wow    •    Senin, 21 Juni 2021 | 20:56 WIB
Nasional
Agus H. Purnomo Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI saat menerima audiensi Gubernur Bangka Belitung, Senin (21/6/2021).(ist)
Agus H. Purnomo Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI saat menerima audiensi Gubernur Bangka Belitung, Senin (21/6/2021).(ist)

JAKARTA,www.wowbabel.com -- Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) menutup peluang untuk pengembangan Pelabuhan Pangkal Balam. Malah kementerian membuka kesempatan untuk pengembangan pelabuhan Bangka Belitung di luar Pangkal Balam.

"Menjadi pertimbangan untuk tidak dikembangkan di dalam kawasan Pangkal Balam, tetapi di luar Pangkal Balam," kata Agus H. Purnomo Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI saat menerima audiensi Gubernur Bangka Belitung, Senin (21/6/2021).

Pembangunan pelabuhan di luar kawasan Pangkal Balam kata Agus akan dipertimbangkan jika lebih efisien dilihat dari posisi lokasi maupun biaya yang dibutuhkan. 

"Ketika tim melakukan survey lokasi Pelabuhan Pangkal Balam di Pangkalpinang untuk panjangnya alur, tidak cukup anggaran dengan digit yang mencapai miliaran sehingga, diputuskan untuk dibatalkan," ujarnya. 

"Saya minta siapkan data volume kargo pelabuhan atas ekspor komoditas dan potensi-potensi ekspor yang dimiliki Babel," pesan Agus. 

Gubernur Babel  Erzaldi Rosman menindaklanjuti yang diminta oleh Dirjen Hubla. Erzaldi  segera memerintahkan Kepala Bappeda Bangka Belitung, Feri Insani yang juga hadir mendampingi audiensi bersama Staf khusus, Izwar dan Plt Kepala Dinas Perhubungan, untuk mengakomodir Perangkat Daerah (PD) agar menyiapkan data pendukung dan segera dilaksanakan rapat koordinasi terkait akomodir data. 

"Saya terus berupaya mengembangkan pelabuhan di Babel agar komoditi ekspor dapat bersaing," tegasnya. 

Selain pengembangan pelabuhan, pada kesempatan ini, Erzaldi juga menyampaikan tingginya biaya operasional buka tutup jembatan EMAS yang memang berada di alur kapal menuju pelabuhan. (*)



MEDSOS WOWBABEL