Dua Tahun Buron, Pelaku Curanmor Ditangkap Polisi

Dwi H Putra    •    Sabtu, 19 Juni 2021 | 12:01 WIB
Lokal
Caption: Pelaku SR alias JY (18) dan RA alias KN (19) warga Kelurahan Kuto Panji Kecamatan Belinyu yang diamankan Polres Bangka.  (dwi/wb)
Caption: Pelaku SR alias JY (18) dan RA alias KN (19) warga Kelurahan Kuto Panji Kecamatan Belinyu yang diamankan Polres Bangka. (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Pelarian selama dua tahun pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan handphone (Hp) di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berakhir. 

Pelaku SR alias JY (18) dan RA alias KN (19) warga Kelurahan Kuto Panji Kecamatan Belinyu, melakukan curanmor di Desa Gunung Pelawan dua tahun silam dan Hp di Belinyu, diringkus Tim Kelambit Unit Buser Polres Bangka dipimpin Ipda Judit Dwi Laksono, pada Jum'at (18/6/2021) dini hari ketika sedang tidur di rumah toko (Ruko) salah seorang pelaku. 

"Iya betul, ada pelaku curanmor dan HP yang diringkus Tim Opsnal Polres Bangka," kata Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP Ayu Kusuma Ningrum, Sabtu (19/6/2021). 

"Para pelaku berikut barang bukti sepeda motor dan HP saat ini masih diamankan di ruang tahanan Polres Bangka, guna pemeriksaan lebih lanjut, dikenakan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara," ujarnya. 

Lanjutnya, kedua pelaku berhasil membawa kabur satu unit sepeda motor merk Yamaha Jupiter MX warna merah marun milik Juniar warga Dusun Air Angat Desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu pada 10 Desember 2019, korban memarkirkan kendaraannya di depan rumah yamg mana kondisi kunci masih tergantung disepeda motor.

Saat keluar rumah, korban pun panik, lantaran sepeda motor miliknya sudah tidak ada, atas kejadian tersebut, korban pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Bangka.

"Lalu, pada tanggal 18 Juni 2021, Tim Kelambit Unit Buser Polres Bangka mendapati informasi bahwa sepeda motor milik korban kerap dipakai oleh saudara MS alias PT warga Desa Berbura Kecamatan Riau Silip," jelas Kasat Reskrim. 

"Dari pengakuan MS sepeda motor tersebut dibeli dari rekannya MZ alias DN Warga Dusun Berbura Kecamatan Riau Silip sebesar Rp 1,9 juta," paparnya. 

Tak butuh waktu lama, Tim Kelambit Polres Bangka langsung bergerak cepat dan berhasil meringkus MZ alias DN dan SR alias JY yang sedang tertidur lelap di sebuah ruko milik tersangka SR alias JY.

Sementara itu, dari pengakuan SR, dirinya melakukan aksi pencurian tersebut dengan rekannya RA alias KN yang mana rumahnya tak jauh dari SR, tim pun langsung mendatangi kediamanan KN dan berhasil mengamankan KN yang sedang tertidur di dalam kamarnya.

"Waktu ngambil motor saya sama KN, waktu itu kunci motor masih tergantung di motor, motornya didorong agak jauh dari rumah korban, setelah itu baru kita nyalakan dan kita bawa kabur, motor itu kita jual ke DN, abis itu saya nggak tau lagi, rupanya motor tersebut dijual lagi oleh DN ke PT warga Desa Berbura, kalau hasil penjualan tersebut saya bagi dua sama KN, untuk beli Minumanan keras," aku SR. 

"Saya juga pernah ngambil HP di Belinyu, ada dua unit, waktu itu siang hari, pintu rumah korban terbuka, saya masuk, saya ambil HP milik korban yang berada di Samping TV," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL