Kapolda Babel Ingatkan Kepala Desa Jangan Takut Gunakan Dana Desa untuk Penanganan Covid-19

Firman    •    Jumat, 18 Juni 2021 | 10:28 WIB
Lokal
Caption:  Kapolda Bangka Belitung Irjen (Pol) Anang Syarif Hidayat. (fn/wb)
Caption: Kapolda Bangka Belitung Irjen (Pol) Anang Syarif Hidayat. (fn/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kapolda Bangka Belitung Irjen (Pol) Anang Syarif Hidayat menyampaikan, agar para Kepala Desa (Kades) jangan takut menggunakan anggaran Desa sebanyak delapan persen untuk penanganan Covid-19.

Hal tersebut, disampaikan Anang usai menghadiri Rakor persiapan pelaksanaan PPKM berbasis Mikro dan pembentukkan Posko penanganan Covid-19 tingkat Desa di Provinsi Babel, di Gedung Tribrata, Mapolda Babel, Kamis (17/6/2021).

"Rapat Koordinasi ini sangat bagus sekali, disini para kepala Desa mendapatkan pencerahan tentang pelaksanaan instruksi Mendagri nomor 13 bagaimana penggunaan dana Desa bisa digunakan untuk penanganan Covid-19," ungkap Anang.

Selain itu disampaikannya, ada 8 persen anggaran Desa yang diterima tiap Desa-Desa yang ada, dan itu bisa digunakan buat  penanganan Covid-19.

"Jadi dengan adanya aturan itu, agar nantinya tidak ada lagi keraguan bagi para Kepala Desa untuk menggunakan anggaran tersebut, tapi harus jelas untuk apa saja dan itu harus digunakan berkaitan dengan penanganan Covid-19," ujar Kapolda.

Anang juga menambahkan, bagi Kepala Desa yang belum melakukan revisi anggaran penanganan Covid-19, segera lakukan revisi dengan benar.

"Saya juga berharap kepada para Kepala Desa agar segera melakukan revisi anggaran Desa buat penanganan Covid-19, dan sudah saya perintahkan juga Bhabinkamtibmas untuk melakukan pendampingan agar tidak ada hal-hal penyimpangan soal dana Desa itu," ungkapnya.

Anang menyakini, para Kepala Desa memahami betul terkait hal itu, dan para Bhabinkamtibmas juga dapat memberikan pendampingan sehingga waktu yang tertentu.

"Saya juga akan meberikan arahan khusus para Bhabinkamtibmas agar selalu mendampingi para Kepala Desa," ujarnya. (fn/wb)



MEDSOS WOWBABEL