Pelaku Pembobol ATM di Mega Mart Belum Tertangkap, Polres Bangka dan Polda Babel Lakukan Penyelidikan

Firman    •    Kamis, 17 Juni 2021 | 15:08 WIB
Lokal
Caption: Kapolres Kabupaten Bangka, AKBP Widi Haryawan. (fn/wb)
Caption: Kapolres Kabupaten Bangka, AKBP Widi Haryawan. (fn/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Polres Kabupaten Bangka terus melakukan penyelidikan terhadap para pelaku pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berada di Mega Mart Sungailiat, Kabupaten Bangka, beberapa waktu lalu.

Kasus pembobol ATM di Mega Mart Sungailiat Kabupaten Bangka tersebut, hingga kini belum ditemukan titik terang keberadaan para pelakunya.

Kapolres Kabupaten Bangka, AKBP Widi Haryawan mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan.

"Masih terus kita lakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap para pelaku, saat ini kita bekerjasama dengan Direkrorat Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Babel untuk penyelidikan kasus ini," kata AKBP Widi Haryawan, Kamis (17/6/2021) usai menghadiri Sertijab dua Kapolres Bangka Selatan dan Bangka Barat, di Mapolda Babel.

Selain itu disampaikan Widi, pihaknya terus mengumpulkan bukti-bukti yang ada di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Semua bukti-bukti yang kita curigai masih, kita lidik dan didalami oleh para anggota, dalam hal ini kita di back up oleh Direktorat Kriminal Umum," ujarnya.

Dijelaskan Widi, pihaknya dalam hal ini agak sedikit kesulitan mencari para pelaku, mengingat beberapa CCTV dialokasi banyak yang tidak aktif.

"Kita juga sedang mendalami kasus ini dari CCTV yang ada, karena CCTV yang ada di lokasi banyak yang tidak aktif," katanya

Sementara itu Ditreskrimum Polda Babel Kombes (Pol) Budi Hermawan menyampaikan, para anggotanya juga sedang mendalami dan melakukan penyelidikan.

"Semua lini kita lakukan penyelidikan, mulai dari semua aspek yang ada di TKP, pertama kita lihat dari CCTV," ujar Budi.

Budi menambahkan, para pelaku pembobol Mesin ATM tersebut, kelihatannya sudah terlatih.

"Kelihatannya para pelaku ini sudah terlatih, mengingat semua peralatan untuk membobol Mesin ATM itu sudah di siapkan, seperti ada las dan sebagainya, apa lagi di Mesin ATM itu plat besi-besinya pun agak tebal-tebal," kata Budi Hermawan.

Diberitakan sebelumnya, dua unit Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berada di Mega Mart Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dibobol pelaku pencurian yang diduga berhasil menggasak ratusan juta rupiah. 

Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik empat bank diantaranya Bank Sumsel Babel, Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berlokasi di Mega Mart Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dibobol maling, Jumat (4/6/2021).

Namun, dari empat ATM yang dibobol pelaku hanya dua ATM  yang uangnya berhasil dibawa kabur. Keempat ATM tersebut dalam keadaan rusak berat, dimana pintu besi luar bagian bawah ATM sudah berhasil dijebol.

Dari rekaman CCTV ada tiga pelaku yang kelihatan beraksi, diduga lebih dari tiga orang mengingat lokasi ATM yang berada di pusat keramaian tersebut tidak jauh dari pinggir jalan. 

Tidak itu saja, dari rekaman tersebut para pelaku terlihat profesional dalam melancarkan aksinya, bagaimana tidak hampir semua pelaku menggunakan penutup wajah, bersarung tangan serta menggunakan peralatan yang sudah dipersiapkan secara matang. (fn/wb)



MEDSOS WOWBABEL