Perusahan Penambangan Timah Ini Kelabakan Akibat MSC dan KLTM Berhenti Sementara

Tim_Wow    •    Rabu, 16 Juni 2021 | 12:17 WIB
Ekonomi
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Dampak penutupan sementara peleburan timah milik Malaysia Smelting Corporation (MSC) tak saja mempengaruhi harga timah dunia. Perusahan penambangan timah dan pemasok ke pabrik MSC juga menderita.

Seperti yang dialami oleh Metal X, perusahaan yang memiliki separuh dari penambangan timah di Renision. Konsentrat timah yang diproduksi di Renison biasanya dikirim ke Malaysia, Thailand, atau China sebagai tujuan utama semua tambang timah. 

Sejak Malaysia melakukan pembatasan ketat untuk menekan lajumya penularan Covid-19 mengakibatkan MSC bahkan bursa timah Kuala Lumpur Tin Market (KLTM) berhenti sementara.  Tambang Tenesioan tidak bisa memasok konsentranya ke Malaysia. Bahakan harga timah di bursa KLTM ditentukan dari harga konsentrat yang dipasok Metal X.

"Akibat penutupan MSC, Pasar Timah Kuala Lumpur (KLTM) pun tutup yang menimbulkan masalah lebih lanjut untuk Metals X, karena KLTM menetapkan harga untuk konsentrat timah dari Renison," keterangan resmi International Tin Association (ITA) di laman resminya internationaltin.org pada Selasa (15/6/2021).

Pemerintah Malaysia memprakarsai Movement Control Order (MCO) ketiga yang mengharuskan perusahaan beroperasi dengan maksimal 10% dari tenaga kerja mereka sehingga menjadi persoalan bagi MSC. MCO berupa pembatasan itu akan berlanjut hingga 28 Juni dan  diperpanjang dua minggu.

MSC  mengajukan banding ke pemerintah Malaysia, namun tidak mendapat  pengecualian dari MCO. Akibatnya, pabrik peleburan besar terpaksa mengumumkan force majeure pada semua kontrak konsentrat, mencakup kontrak antara MSC dan Metals X, melalui Bluestone Mines Tasmania Joint Venture.

Untuk mengurangi dampak perkembangan tersebut, Metals X telah mengatur ulang pengiriman konsentrat timahnya. Semua pengiriman yang akan dikirim ke MSC, atau sedang dalam perjalanan, akan terus diterima oleh pabrik peleburan. Namun, pengiriman ini dan  beberapa yang sudah diterima oleh MSC  akan dikenakan perpanjangan jangka waktu pembayaran. 

MSC tidak akan dapat menerima sejumlah besar konsentrat untuk sisa MCO, Thaisarco di Thailand telah setuju untuk menerima pengiriman tambahan dengan syarat pembayaran yang diperpanjang.

Masalah di Malaysia ini berdampak pada arus kas Metals X dalam jangka pendek, perusahaan tidak bisa memperkirakan pendapatan untuk tahun kalender  karena harga timah yang lebih tinggi dari perkiraan pada tahun 2021. Hanya saja Metal X  percaya bahwa cadangan kas cukup untuk pekerjaan pengembangan di Renison. (wb)



MEDSOS WOWBABEL