Pedagang dan Spekulan Buru Timah, Stok Menipis, Harga Melambung

Tim_Wow    •    Sabtu, 12 Juni 2021 | 14:53 WIB
Ekonomi
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

LONDON, www.wowbabel.com -- Harga timah dunia Jumat (11/6/2021) naik ke level tertinggi dalam satu dekade terakhir akibat  pasar kekurangan stok. Gangguan pasokan dan pengiriman barang setelah pembatasan beberapa negara dampak COVID-19 memicu pembelian oleh para spekulan.

Reuters melaporkan benchmark timah di London Metal Exchange  (LME) pada penutupan pasar sore hari naik 0,4 persen pada US$31.400 per ton. Harga logam solder sebelumnya menyentuh US$31.620 per ton, tertinggi sejak Mei 2011.

"Kabar defisit tidak akan hilang. Ada penguncian di Asia yang mempengaruhi pasokan dan permintaan masih meningkat," kata seorang pedagang timah fisik dikutip dari reuters.com . 

"Banyak orang mencari bahan di pasar spot dan di bursa."

Pasokan timah global tahun lalu sekitar 330.000 ton, turun signifikan dari sekitar 360.000 ton di 2019. Pasokan kembali tertekan tahun ini akibat permberlakuan  lockdown di Malaysia sebagai salah satu produsen timah terbesar dunia.

Pembelian timah minggu ini di LME dipicu oleh Malaysia Smelting Corporation (SMC), produsen timah olahan terbesar ketiga di dunia, yang menyatakan force majeure pada pengiriman ke pelanggan.

Tidak saja terhentinya pasokan timah dari Malaysia, kemacetan di pelabuhan pengiriman peti kemas di Cina selatan juga memperburuk kelancaran diatribusi ketika pihak pemerintah setempat meningkatkan langkah-langkah desinfeksi di tengah maraknya kasus COVID-19. 

Biaya timah di pasar fisik biasanya harga LME ditambah premium, yang di Amerika Serikat adalah US$ 2.700 per ton dibandingkan dengan sekitar US$600 per ton pada akhir tahun lalu.

Secara historis stok timah yang rendah di gudang terdaftar LME telah memperkuat gagasan kelangkaan dan menciptakan premi besar untuk uang tunai selama kontrak timah tiga bulan tahun ini.

Sedangkan Logam industri secara keseluruhan didorong oleh mata uang AS yang lebih rendah,  membuat komoditas yang dihargakan dalam dolar lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya. (wb)



MEDSOS WOWBABEL