PNM Provinsi Bangka Belitung Akan Bina Nasabah Ultra Mikro

Firman    •    Jumat, 04 Juni 2021 | 20:29 WIB
Lokal
Kepala Cabang Permodalan Nasional Madani (PNM) Provinsi Bangka Belitung, Daniel Silitonga.(fn/wb)
Kepala Cabang Permodalan Nasional Madani (PNM) Provinsi Bangka Belitung, Daniel Silitonga.(fn/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Komisi VI DPR RI Daerah Pemilihan Provinsi Bangka Belitung, Zuristyo mengungkapkan, acara sosialisasi sinergi ekosistem Ultra Mikro ke Pedagang Pasar Tradisional diharapkan dapat mengangkat jiwa dan semangat bagi para pelaku Usaha Mikro di Indonesia khususnya Provinsi Bangka Belitung.

Hal itu disampaikan Zuristyo dalam kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Ball Room Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Jumat (4/6/2021) diikuti oleh puluhan pelaku usaha Ultra Mikro, dan Mahasiswa.

"Manfaat positif dari sinergi BUMN ultra mikro ini tentunya akan dirasakan para pelaku usaha ultra mikro, karena mereka berpeluang besar mendapat pembiayaan berbunga rendah di masa depan, seperti penurunan suku bunga pinjaman bisa terjadi karena sinergi BRI, PNM, dan Pegadaian akan menurunkan beban dana (cost of fund) dari ketiga perusahaan," ungkap Zuristyo.

"Sinergi ini ingin memastikan terdapatnya bunga pinjaman yang lebih rendah bagi nasabah dan ini sangat penting karena kita ketahui banyak pelaku usaha dan masyarakat kita yang masih mendapatkan pendanaan dari rentenir dan pinjaman online illegal alias bodong," ujarnya.

Selain itu ia berharap sinergi ekosistem ultra mikro bisa jadi solusi, dan sinergi ekosistem ultra mikro yang melibatkan BRI, Pegadaian, dan PNM juga diyakini dapat menciptakan pilihan produk keuangan yang lebih.

"Bagi pelaku usaha mikro, secara jangka panjang, integrasi ini akan menjadi rumah besar pelaku UMI-UMKM Indonesia dimana mereka bisa berlindung, dapat memperoleh bimbingan dan berkembang dengan sustainable, dan naik kelas," ujar Zuristyo Frimadata.

Sementara itu Kepala Cabang Permodalan Nasional Madani (PNM) Provinsi Bangka Belitung, Daniel Silitonga mengatakan, ia akan membina nasabah ultra mikro per kelompok terutama ibu-ibu rumah tangga.

"Harapannya kita dengan adanya program ini dapat melatih nasabah dengan benar, tidak hanya modal finansial saja tetapi modal intelektual juga, sehingga menjadi pengusaha mandiri," ungkapnya.

Daniel menambahkan, tidak sedikit orang yang takut memulai usaha, dan kit akan hadir untuk membina UMKM, terutama para ibu yang terampil namun kurang permodalan, dan pihaknya akan berusaha membina ekonomi sejahtera. 

"Apalagi pelaku UMKM di Provinsi Bangka Belitung ini masih bisa bertambah dan naik kelas, PNM siap mendampingi semua pelaku UMKM yang ada, baik memulai usaha maupun yang sudah, agar tetap semangat, jadi bapak-bapak dan ibu-ibu tidak sendirian PNM datang modalpun datang," kata Daniel Silitonga.(fn/wb)




MEDSOS WOWBABEL