Pendaftaran CASN Provinsi Bangka Belitung Ditunda Sementara Waktu

Hafiz Wow    •    Rabu, 02 Juni 2021 | 17:09 WIB
Lokal
Kepala BKPSDMD Provinsi Babel, Sahirman Jumli.(fiz/wb)
Kepala BKPSDMD Provinsi Babel, Sahirman Jumli.(fiz/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Jadwal pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pemerintah Provinsi Bangka Belitung 2021 ditunda sementara waktu.

Kepala BKPSDMD Provinsi Babel, Sahirman Jumli menyebutkan Pemprov Babel masih menunggu jadwal dan petunjuk teknis CASN 2021 dari Kemenpan RB. Kendati demikian, Ia meminta CASN untuk tetap mempersiapkan diri baik pengetahuan umum maupun uji kompetensi peserta.

Ia menyampaikan Pemprov Bangka Belitung kembali membuka CASN 2021 yang terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK), Rabu (2/6/2021).

Sahirman mengatakan jumlah total CASN yang dibuka Pemprov Bangka  Belitung sebanyak 954 formasi, diantaranya 113 CPNS dan 841 CPPPK.

"P3K itu murni guru dan yang sudah terdata di Dapodik dari Kementerian Pendidikan. Jadi belum bisa untuk yang baru lulus walaupun sudah sertifikasi guru. Artinya harus sudah pernah honorer di satu sekolah dan sudah terdata di pusat," kata Sahirman kepada Wow Babel, Rabu (2/6/2021).

Lebih lanjut, Sahirman menyebutkan untuk CPNS formasi yang paling banyak dibuka ialah tenaga kesehatan.

Menurutnya, jabatan tenaga kesehatan yang dibutuhkan, terdiri dari Dokter Umum, Dokter Spesialis Anak, Dokter, Spesialis Bedah, Dokter Spesialis Forensik, Dokter Spesialis Jantung, Dokter Spesialis Jiwa, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dokter Spesialis Mata, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Spesialis THT, Fisikawan Medis Ahli Pertama, Penata, Anastesi Ahli Pertama, Penyuluh Kesmas Ahli Pertama, Perawat Ahli Pertama, Perekam Medis Ahli Pertama, Pranata Labkes Ahli Pertamaa, Psikolog klinis Ahli Pertama, Sanitarian Ahli Pertama, Teknisi Elektromedis Ahli Pertama, Asisten Pranata, Anastesi Terampil, Fisioterapi Terampil, Nutrisionis Terampil, Perawat Terampil, Terapis Gigi dan Mulut Terampil, Perekam Medik Terampil, serta Pranata Labkes Terampil.

"Namun ini juga belum semua terakomodir, sesuai dengan kebutuhan kita dan sesuai dengan persetujuan Kemenpan RB," katanya.

Selanjutnya, untuk formasi lain jabatan tenaga teknis yang dibutuhkan, terdiri dari Medik Veteriner Ahli Pertama, Pengawas Mutu Hasil Pertanian, Pengawas Mutu Pakan Ahli Pertama, Pengawas Perikanan Ahli Pertama, Pengelolaan Ekosistem Laut dan Pesisir Ahli Pertama, Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Ahli Pertama, Analis Perdagangan Ahli Pertama, Pranata komputer Terampil, Analis Data dan Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Analis Industri, Nahkoda, dan Pranata Laporan Keuangan.

"Tahun depan kita minta masukan lagi tenaga yang dibutuhkan dari setiap OPD, untuk kita sampaikan formasinya ke pusat," ujarnya.

"Saat ini tidak sampai 100% disetujui pusat, tapi sekitar 90% ada. CPNS itu kita ajukan 128, disetujui 113. CPPPK kita ajukan 901 disetujui 841," ungkap Sahirman.

Sementara itu, Sahirman menyampaikan lantaran banyaknya masukan dari pemerintah daerah se-Indonesia, pendaftaran CASN 2021 yang dijadwalkan 30-31 Mei lalu, bakal ditunda sementara waktu.

"Karena ada masalah gugatan atau masukan dari daerah terpaksa dipending dulu menunggu suasana normal. Tapi kepada calon-calon ASN yang ada formasinya jangan berputus asa, semoga nanti semakin clean dan clear dari pemerintah pusat dan pendaftaran dibuka sehingga sehingga bisa ikut," tukasnya.(fn/fiz/wb)




MEDSOS WOWBABEL