Diduga Mitra PT Timah Tbk Gelapkan Pasir Timah Hasil PIP Sukadamai

Firman    •    Selasa, 20 April 2021 | 17:47 WIB
Lokal
Pasir timah yang berhasil diamankan aparat kepolisian.(as/wb)
Pasir timah yang berhasil diamankan aparat kepolisian.(as/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Satuan Tugas Penegakan Hukum pengamanan aktivitas Ponton Isap Produksi (PIP) dan Kapal Isap Produksi (KIP) di Laut Toboali dikabarkan mengamankan puluhan kampil pasir timah yang diduga ilegal.

Puluhan kampil pasir timah yang di amankan pihak Satuan Tugas Penegakan Hukum pengamanan aktivitas Ponton Isap Produksi (PIP) dan Kapal Isap Produksi (KIP) diduga diamankan dari perusahaan mitra PT Timah.

Pengamanan puluhan karung kampil pasir timah tersebut dilakukan petugas pada Sabtu (17/4/2021) sore sekitar pukul 15.00 WIB atau satu hari sepulang Kapolda Babel, Irjen (Pol) Anang Syarif Hidayat melakukan pengecekan PIP dan KIP di perairan Sukadamai, Jumat (16/4/2021). 

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung, Kombes (Pol) Haryo Sugihartono membenarkan pihaknya telah menyita puluhan karung lebih pasir timah hasil penambangan di perairan Sukadamai Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (18/4/2021) lalu. 

"Iya benar, sudah kita amankan, dari oknum yang diduga mitra PT Timah, jadi modusnya  itu bukan penambangan ilegal, tapi itu mitra PT Timah yang diduga menyisihkan timah untuk digelapkan, jadi ini bukan ilegal mining, tapi penggelapan," kata Dirkrimsus Polda Babel, Selasa (20/4/2021).

Selain itu disampaikan Haryo untuk proses atau kelanjutan kasus penggelapan pasir timah oleh mitra kerja PT Timah tersebut, ada di tangan PT Timah Tbk. Sebab kasus tersebut merupakan delik aduan, bahkan jika perusahaan plat merah tersebut legowo, kasus penggelapan pasir timah tersebut selesai dengan sendirinya.  

"Kalau inikan delik aduan, dan itu tergantung pemiliknya, pemiliknya PT Timah, jadi kalau PT Timah nanti ada semacam kebijakan yang lain akan menerima tapi memutuskan SPK-nya berarti permasalahan hapus dengan sendirinya," terangnya.(fn/wb) 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL