Baru Berusia Delapan Tahun, Masjid Agung Muntok Senilai Rp 33,7 M Sudah Mulai Rusak

Chairul Aprizal    •    Kamis, 15 April 2021 | 21:40 WIB
Lokal
Tampak salah satu pilar di Masjid Agung Muntok sudah mulai jebol.(rul/wb0
Tampak salah satu pilar di Masjid Agung Muntok sudah mulai jebol.(rul/wb0

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Masjid Agung Bangka Barat tampaknya sudah membutuhkan perhatian dari Pemkab Bangka Barat lantaran kondisi dari keempat pilar megahnya sudah jebol-jebol.

Masjid yang dibangun dengan anggaran puluhan miliar ini ternyata tak cukup awet karena baru sepuluhan tahun sudah ada beberapa bagian yang rusak.

Kepala BPKAD Kabupaten Bangka Barat Abimanyu menjelaskan Masjid Agung Muntok yang megah dan dengan arsitektur  empat pilar besar di setiap sudutnya itu merupakan aset pemerintah daerah.

"Selesai dibangun pada tahun 2013 dengan biaya anggaran sebesar Rp 33,7 miliar dan aset inventaris tercatat di sekretariat daerah," ungkap Abimanyu.

Bangunan yang memiliki ruang dan lahan parkir yang luas, dengan dua tingkat yang diisi dengan beberapa kantor sekretariat yang salah satunya Baznas Kabupaten Bangka Barat ini baru berusia 8 tahun sudah terlihat tidak kokoh pada pilarnya.

"Karena aset tercatat di Setda maka pemeliharaan melalui Setda, untuk pemeliharaan lebih detilnya ke Setda," imbuh Abimanyu.

Ditemui, Kamis, (15/04/2021), Plh Bupati Bangka Barat Drs Muhammad Soleh MAP membenarkan Masjid Agung Muntok Bangka Barat itu adalah aset yang dikelola dan pertanggungjawaban perawatan berada di Setda.

"Insya Allah nanti kita cek ya bersama Dinas PU, ini masuk aset iya, sebenarnya ada pemeliharaan tapi pemeliharaan kan ya tidak begitu besarkan. Kalau untuk yang sampai ke plafon itukan menggunakan dana yang begitu besar," tukas Soleh.(rul/wb)





MEDSOS WOWBABEL