Tarhib Ramadan 1442 H

ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

Oleh: Andriyani Kusuma Dayanti (Aktivis Muslimah Belitung)


Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim, karena bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, bulan penuh keagungan, kebaikan, dan bulan yang bertabur pahala. Pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Di tahun ini kita akan memasuki Ramadan 1442 H dimana sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Baqarah:183. Bulan Ramadhan adalah bulan yang akan mengantarkan umat muslim, baik  miskin atau kaya kepada derajat taqwa. 

Sebagai umat muslim, seyogyanya kita sangat bergembira dalam menyambut bulan yang istimewa ini. Tamu agung yang membawa banyak sekali keutamaan sebagaimana sabda Rasulullah: “Barangsiapa yang bergembira atas tibanya bulan Ramadan, niscaya Allah haramkan jasadnya dimakan api neraka”. Oleh karena itu, hendaklah kita mempersiapkan segala sesuatu untuk mengisi bulan Ramadhan agar tidak terlewatkan dengan sia-sia baik dari aspek fisik ataupun mental. 

Pada Ramadan Allah mewajibkan atas umat muslim yang sudah menginjak usia baligh untuk berpuasa selama 1 bulan penuh.  Keutamaan berpuasa Ramadan adalah diampuni dosa-dosa terdahulu sebagaimana hadist shahih dari Abu hurairah r.a, riwayat Al-Bukhari:37 dan Muslim:1266 bahwa Nabi bersabda “Barang siapa  yang melaksanakan puasa Ramadan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu”. Sebagaimana ketika seorang mualaf mengucapkan dua kalimat syahadat akan kembali suci seperti bayi yang baru lahir, maka kita juga demikian, akan sangat merugi umat muslim yang melewatkan begitu saja bulan yang sangat mulia ini yang hanya menganggap Ramadan sebagai bulan untuk berpuasa menahan lapar dan dahaga.

Situasi pandemi menjadikan kita senantiasa banyak mendapatkan kesempatan waktu untuk menjalankan amalan-amalan sunah di bulan Ramadan, maka hendaknya jadikan Ramadan di tahun ini menjadi Ramadan yang berbeda dari tahun-tahun yang sebelumnya. Sebagaimana baginda Muhammad SAW setiap penghujung Bulan Sya’ban selalu memberikan nasihat kepada umatnya. 




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL