Sukses Berternak Burung Puyuh, Brigadir Antonius Jadi Pembicara Seminar Kewirausahaan

Herdian wow    •    Sabtu, 03 April 2021 | 21:46 WIB
Ekonomi
Bhabinkamtibmas Kelurahan Koba, Brigadir Antonius diundang PT Taspen dan BTN sebagai narasumber Seminar Kewirausahaan, Sosialisasi Produk Bank BTN dan Layanan Ketaspenan.(ist)
Bhabinkamtibmas Kelurahan Koba, Brigadir Antonius diundang PT Taspen dan BTN sebagai narasumber Seminar Kewirausahaan, Sosialisasi Produk Bank BTN dan Layanan Ketaspenan.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Lantaran sukses berternak Burung Puyuh, Bhabinkamtibmas Kelurahan Koba, Brigadir Antonius diundang PT Taspen dan BTN sebagai narasumber Seminar Kewirausahaan, Sosialisasi Produk Bank BTN dan Layanan Ketaspenan.

Acara tersebut diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) Pra Purnabakti Serta Penyerahan Tali Asih Bagi Pensiunan TMT 1 Januari sampai dengan 1 April 2021 di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Di hadapan 130 orang ASN Purnabakti dan Pra Purnabakti, Antonius mengisahkan hobi yang digelutinya saat ini hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah. Usaha ternak Burung Puyuh yang dirintis mulai Agustus 2020 kini telah memberikannya penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah setiap bulannya, selain dari pekerjaan utamanya sebagai seorang anggota polisi di Polres Bangka Tengah (Bateng).

"Selain karena hobi, ternyata usaha ini bisa memberikan profit yang lumayan asalkan dikerjakan dengan benar dan sabar," terangnya, Sabtu (3/4/2021).

Dijelaskannya beternak Burung Puyuh dapat memberikan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat, proses seekor Burung Puyuh dari sebutir telur hingga menjadi Burung Puyuh dewasa hanya memerlukan waktu 40 hari.

"Burung Puyuh ini cepat prosesnya, proses penetasan selama 17 hari, kemudian setelah menetas hingga mencapai dewasa hanya 40 hari dan sudah bisa bertelur," jelasnya

"Satu burung menghasilkan 1 telur setiap harinya, jadi semakin banyak Burung Puyuh kita maka akan semakin banyak pula telur yang dihasilkan dalam satu harinya," lanjutnya

Antonius menyampaikan peluang usaha Telur Puyuh cukup menjanjikan karena permintaan Telur Puyuh masih jauh di atas kemampuan produksi peternak-peternak lokal, oleh karena itu Antonius mengajak para peserta seminar tidak ragu untuk mencoba beternak Telur Puyuh.

"Permintaan Telur Puyuh masih lebih tinggi dari produksi lokal, jadi peluang usahanya masih terbuka lebar," ujarnya

Terpisah, Kepala BTN Kantor Cabang Pangkalpinang, Adhi Santosa mengucapkan selamat kepada ASN yang telah dan pra purnabakti, ia mengucapkan terimakasih atas bakti yang telah disumbangsikan oleh para ASN dalam kurun waktu puluhan tahun masa baktinya.

"Terimakasih atas bakti bapak ibu kepada masyarakat, ada yang telah mengabdi selama dua puluh bahkan tiga puluh tahun, semoga bapak ibu selalu diberikan kesehatan, tetap semangat, dan tetap dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," ungkapnya.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan seminar kewirausahaan bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada ASN purnabakti dan pra purnabakti, serta memberikan alternatif-alternatif usaha setelah pensiun.

"Sekiranya saat masuk masa pensiun nanti, bapak ibu tetap semangat berkarya sehingga tetap eksis di tengah masyarakat dan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi kelurga, meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesempatan usaha di masyarakat," harapnya.(her/wb)



MEDSOS WOWBABEL