Flu Babi Diduga Penyebab Matinya Ternak Babi di Kabupaten Bangka

- Selasa, 16 Maret 2021 | 04:25 WIB
Caption: Ilustrasi (dok/wb)
Caption: Ilustrasi (dok/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Virus African Swine Fever atau Flu Babi Afrika diduga menjadi penyebab kematian babi sejumlah peternak di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam beberapa pekan ini. 

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka dalam menindaklanjuti hal itu telah menurunkan tim, guna mengambil sampel babi ternak masyarakat diantaranya di Kecamatan Merawang dan Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip. 

Medik Veteriner Balai Peternakan Lampung, drh Tri, mengatakan dari laporan masyarakat sejumlah babi mengalami sakit dengan gejala seperti tidak nafsu makan dan diare.

"Kami belum dapat memastikan jenis penyakit yang diderita ternak babi masyarakat tersebut. Namun sudah dilakukan pengambilan sampel spesimen guna pemeriksaan laboratorium," kata drh Tri di Sungailiat, Selasa (16/3/2021) 

“Sebenarnya sudah biasa sih ya, ada penyakit babi di wilayah Sumatera, masih suspect, jadi belum bisa dikatakan penyakit apa, akan kita pastikan di laboratorium dulu, sampelnya ada darah, ada serum dan juga ada organ," ujarnya. 

Penyakit yang diderita ternak babi, menurut Tri, tidak berbahaya bagi manusia dan juga dikonsumsi masyarakat. Hanya saja antisipasi harus tetap dilakukan agar tidak berdampak terhadap lingkungan sekitar.

Maka dari itu ditambahkannya sembari melakukan pemantauan dan pengambilan sampel, pihaknya juga memberikan sosialisasi dan pencegahan agar penyakit tidak menyebar terutama kepada peternak maupun ternak yang lain, diantaranya dengan mengurangi kontak langsung dengan hewan yang memiliki penyakit. (dwi/wb)

Editor: Robby Wowbabel

Rekomendasi

Terkini

X