Pasar SHFE Dibuka, Harga Timah Langsung Ngegas

Tim_Wow    •    Kamis, 18 Februari 2021 | 18:22 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Pasar timah di bursa Shanghai Futures Exchange (SHFE) dibuka kembali setelah libur Imlek pada Rabu (18/2/2021). Harga logam dasar termasuk timah langsung meranjak naik, untuk kontrak tiga bulan harga timah di jual US$ 24.620 per metrik ton.

“Industri logam China kembali dibuka setelah  liburan, beberapa  harga logam lebih tinggi dan harga akan lebih tinggi lagi untuk semua logam dasar di London Metal Exchange dan Shanghai Futures Exchange karena Kamis 18 Februari sudha menunjukkan harga lebih tinggi,” kata pengamat pasar SHM dikutip dari newsmetal.com.

Harga timah yang terus meranjak ini memaksa LME meningkatkan pemantauan pasar timah dunia, apalagi mulai maraknya pengetatan negara untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Para eksekutif LME meningkatkan pengawasan terhadap kontrak timahnya sebagai tanggapan atas selisih stok yang mulai terbatas. Kekurangan pasokan di pasar timah memaksa bursa untuk melihat lebih dekat dengan menhubungi langsung ke beberapa pemain pasar.

"LME telah meningkatkan  pemantauan terhadap pasar selama beberapa minggu untuk memastikan ketersedian barang dan permintaan di pasar," kata juru bicara bursa kepada Fastmarkets.

"LME mencatat ketatnya pasar timah saat ini. Tidak ada indikasi bahwa harga di LME menyimpang dari pasar fisik," katanya.

Di SHFE, timah mencatatkan kinerja terbaik dengan kenaikan 5,78 persen. Tembaga naik 5,15 persen, aluminium naik 4,1 persen, nikel naik 2,58 persen, seng naik 4,85 persen. Kontrak timah SHFE  yang sempat turun ke sesi terendah 167.920 yuan / metrik ton naik 5,78 persen atau 174.370 yuan  per metrik ton. Kekhawatiran pasar akan kekurangan pasokan timah di dalam dan luar negeri menarik para ivestor untuk masuki pasar.  (*)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE