12,7 Hektar Lahan Sorgum di Kabupaten Bangka Siap Panen

Dwi H Putra    •    Rabu, 03 Februari 2021 | 22:27 WIB
Lokal
Panen Sorgum di Kabupaten Bangka.(dwi/wb)
Panen Sorgum di Kabupaten Bangka.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com – Seluas 12,7 hektare lahan sorgum yang ada di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) siap dipanen,  lahan tersebut tersebar di beberapa wilayah kecamatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Elius Gani, mengatakan lahan tersebut tersebar di Kecamatan Sungailiat seluas 6,75 hektar, Kecamatan Mendo Barat seluas empat hektar dan Kecamatan Riau Silip seluas dua hektar. 

"Sedangan lahan yang siap ditanami sorgun seluas 11,5 hektar terdapat di Kecamatan Mendo Barat satu hektar, Kecamatan Belinyu 10 hektar dan di Kecamatan Sungailiat terdapat 0,5 hektar," kata Elius di Sungailiat, Rabu (3/2/2021). 

Lanjutnya perawatan sorgum sangatlah mudah, tidak perlu perawatan seperti tanaman lain yang harus disiram setiap hari dan tanaman ini cocok dikembangkan di Kabupaten Bangka. 

"Sorgum ini cocok di daerah kita ini ntuk dikembangkan, bisa ditanam di lahan marginal dan agak toleran terhadap kekeringan," jelasnya. 

Selain itu, hama penyakit tanaman sorgum juga tidak banyak dan sekali tanam dapat panen empat kali,  karena akan tumbuh tunas baru dari batang awal setelah panen pertama. 

"Di Babel saat ini baru mencapai 60 hektar dengan kemampuan produksi panen kurang lebih empat sampai tujuh ton perhektar, kami pun terus berusaha memperluas dan meningkatkan panen tersebut," pungkas Elius Gani. (dwi/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL