Ratusan TI Apung Liar di Teluk Kelabat, Nelayan Kecewa Tidak Ada Tindakan Tegas

Chairul Aprizal    •    Kamis, 28 Januari 2021 | 19:27 WIB
Lokal
Nelayan Desa Bakit saat menghadiri RDP di Gedung DPRD Bangka Barat.(rul/wb)
Nelayan Desa Bakit saat menghadiri RDP di Gedung DPRD Bangka Barat.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Salah satu nelayan asal Desa Bakit, Hijron mengungkapkan kekecewaan terhadap aparat yang ada pada saat audiensi dengan DPRD Kabupaten Bangka Barat, Kamis (28/01/2021), di Gedung Mahligai Betason DPRD Kabupaten Bangka Barat.

"Saya dari nelayan Bakit, saya merasa kecewa kepada anggota yang ada di Bangka Barat sebab undang-undang sudah dijalankan ternyata TI apung masih saja beroperasi di Teluk Kelabat Dalam," ungkap Hijron.

Hijron menuturkan lokasi ratusan TI Apung itu disebutkan sebagai pintunya Teluk Kelabat Dalam yang diobrak abrik oleh para penambang yang dianggap ilegal tersebut.

“Sekarang kami mohon kepada bapak, harap itu dihentikan tambang TI di Kelabat Dalam cuma itu yang bisa saya sampaikan terima kasih," tukasnya.

Ditambahkan Maryono selaku kadus dari Desa Pusuk sekaligus Ketua Forum Pencinta Teluk Kelabat Dalam mengungkapkan sudah sempat melakukan audiensi di tingkat Polda Bangka Belitung pada tanggal 4 Desember 2020.

"Dan Pak Kapolda sudah mengatakan bahwa sifatnya ilegal di Teluk Kelabat Dalam itu semuanya harus dibersihkan ini sesuai dengan kutipan dari Dirut Timah waktu itu kita audiensi. PT Timah Tbk sudah mengeluarkan ultimatum bahwa mereka tidak ada mengeluarkan izin atau surat perintah kerja di Teluk Kelabat," terang Maryono.

Hal yang sama diungkapkan Hendri, Hendri salah satu nelayan. Ia menuturkan penertiban yang dilakukan oleh Polres Bangka Barat dan aparat pada Selasa, (28/01/2021), hanya berupa membagi batas wilayah penambang dengan nelayan yang disebutkan sudah kesepakatan antara nelayan dan penambang.

"Itu cuma sementara saja itu, memang itu tanpa setuju dari nelayan juga itu cuma ketua nelayannya saja, banyak kalau bos tambang di situ," tukas Hendri.(rul/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL