KPD Bangka Berikan Bibit Buah dan Beras Bagi Pendonor Darah

Dwi H Putra    •    Minggu, 24 Januari 2021 | 20:02 WIB
Lokal
Caption: Kegiatan donor darah yang dilakukan Komunitas Pendonor Darah (KPD) Kabupaten Bangka, Minggu (24/1/2021). (dwi/wb)
Caption: Kegiatan donor darah yang dilakukan Komunitas Pendonor Darah (KPD) Kabupaten Bangka, Minggu (24/1/2021). (dwi/wb)

PEMALI, www.wowbabel.com - Komunitas Pendonor Darah (KPD) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Bangka, Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Bangka, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bangka, Bikers Subuhan Sungailiat, Pemerintah Desa Karya Makmur serta Warung Kopi 99, menggelar donor darah massal di Warkop 99 Desa Air Ruai Kecamatan Pemali dalam rangka peresmian Sekretariat KPD yang kini telah ditetapkan menjadi yayasan.

Sebanyak 67 kantong darah terkumpul dari 73 orang pendaftar, yang mana sebagian besar pendonor merupakan kaum pemuda. Sebagai bentuk apresiasi, pendonor darah mendapatkan bingkisan berupa bibit tanaman Alpukat Lily Emas, Durian Namlung dan Duri Hitam serta beras 5 kg. 

"Alhamdulillah, dari kegiatan donor darah bersama hari ini, terkumpul 67 Kantong darah dari 73 calon pendonor yang hadir," kata Ketua Yayasan KPD Kabupaten Bangka, Suharly di Pemali, Minggu (24/1/2021). 

"Kami atas nama KPD Kabupaten Bangka mengucapkan terimakasih kepada semua Pendonor, relawan, panitia dan semua donatur," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Umum BKPRMI Bangka mewakili panitia pelaksana kegiatan, Hari Subari, menjelaskan pelaksanaan kegiatan donor darah massal bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan terus mengedukasi calon pendonor, khususnya para pemuda serta pendonor pemula untuk saling peduli sesama. 

"Oleh sebab itu, tema donor massal kali ini 'Tetap Peduli Dikala Pandemi'," jelas Hari Subari. 

"Kami mencoba merangkul para pemuda untuk berani dan ikhlas mendonorkan darahnya, karena melihat kebutuhan darah di Kabupaten Bangka sangat tinggi sedangkan kalangan pendonor masih kurang," paparnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Kabupaten Bangka, Ismir Rachmadinianto, menjelaskan dampak dari pandemi Covid-19 ini bukan berarti menghentikan segala kegiatan.

Melainkan suatu tantangan untuk berinovasi dan berkreasi guna melaksanakan kegiatan yang bernilai positif.

"Meskipun dengan kondisi yang kurang aman dan nyaman, bukan berarti tidak bisa untuk berkegiatan, melainkan harus berkreativitas untuk kepedulian sesama," tukas Ismri. 

Selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan, Kepala Desa Karya Makmur, Yusni Tamrin, memberikan apresiasi atas dilaksanakan kegiatan sosial di daerahnya.

Dirinya selaku kepala desa akan siap memberikan dukungan segala kegiatan positif baik yang dilaksanakan KPD ataupun lainnya.

"Intinya kegiatan ini memiliki orientasi guna membangun nilai-nilai kemanusiaan, baik itu bagi pendonor maupun yang membutuhkan darah. Kami juga akan membentuk komunitas pendonor Desa Karya Makmur, sehingga mempermudah data pencarian darah kedepannya," pungkas Yusni. (dwi/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL