Erzaldi Ingin Penangkaran Penyu Guntung Jadi Wisata Edukasi

ADVERTORIAL    •    Kamis, 21 Januari 2021 | 00:43 WIB
Lokal
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. (ist)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. (ist)

KOBA,www.wowbabel.com -- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman berharap penangkaran penyu di Desa Guntung Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah digarap lebih serius. 

Bukan hanya sebagai tempat penangkaran, tetapi bisa dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi bagi anak-anak sekolah maupun masyarakat umum. 

Hal ini diungkapkan Erzaldi Rosman saat mengunjungi lokasi penangkaran penyu tersebut, Rabu (20/1/2021). 

Penangkaran Desa Guntung merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, karena itu Erzaldi berharap Pemprov Babel dapat bekerja sama dengan Pemkab Bangka Tengah dalam pengelolaannya.

Dijelaskannya bahwa dahulu, saat dirinya menjabat sebagai Wakil Bupati Bangka Tengah (2005-2006) pernah berhasil menangkarkan, lalu melepas tukik (anak penyu) ke laut lepas. 

Kini, tukik yang dilepaskannya telah menjadi penyu dewasa dan kembali ke tempat penangkaran, bahkan beberapa di antaranya berhasil bertelur dan siap ditangkarkan sebelum dilepas kembali ke laut. 

Guna melestarikan penyu di Babel, Erzaldi juga akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) terhadap maraknya penjualan telur penyu di pasar. Hal ini juga harus disosialisasikan kepada masyarakat agar penyu dapat terjaga kelestariannya. 

"Karena spesies penyu di Bangka Belitung ini langka jadi harus dilindungi, maka penyu dan telurnya dilarang untuk diperjualbelikan," jelasnya. 

Sementara Teknisi Penangkaran Penyu Desa Guntung, Dika yang ikut mendampingi gubernur menjelaskan bahwa, kunjungan gubernur kali ini untuk melihat sejumlah fasilitas penangkaran, antara lain sarang telur, kolam penangkaran, dan tempat pemeliharaan penyu. 

Setelah telur penyu menetas, dibesarkan hingga menjadi tukik berusia 3 bulan, kemudian petugas akan melepas tukik ke laut, hal ini dilakukan sesuai dengan aturan World Wide Fund for Nature (WWF). 

Ikut hadir bersama Gubernur Erzadli dalam kunjungan ini, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, Dasminto dan Perwakilan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.(adv/*) 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL