Bupati Bangka Imbau Orang Tua Lakukan Imunisasi Difteri pada Anak

Dwi H Putra    •    Selasa, 19 Januari 2021 | 11:11 WIB
Lokal
Caption: Bupati Bangka, Mulkan saat menyaksikan imunisasi anak, Selasa (19/1/2021).(dwi/wb)
Caption: Bupati Bangka, Mulkan saat menyaksikan imunisasi anak, Selasa (19/1/2021).(dwi/wb)

MENDO BARAT, www.wowbabel.com -- Bupati Bangka, Mulkan mengajak seluruh masyarakat khususnya di Desa Kota Kapur, Kecamatan Mendo Barat untuk mendukung dan mensukseskan program imunisasi difteri. 

Menurutnya, program imunisasi tersebut dilaksanakan setelah ditemukannya kasus difteri pada tahun 2020 lalu di daerah itu. 

"Dalam mencegah terjadinya kembali kasus difteri perlu adanya upaya dan dukungan dari seluruh maayarakat, sehingga partisipasi masyarakat sangat berpengaruh dari keberhasilan program pemerintah ini," kata Mulkan, Selasa (19/1/2021). 

Dijelaskannya, dari 364 orang anak yang terdata untuk diimunisasi pada putaran pertama hanya mecapai 95 persen, sedangkan putaran kedua menurun menjadi 64 persen. 

"Putaran kegita kali ini kami harapankan agar seluruh orang tua lebih peduli dan meningkatkan partisipasi," harapnya. 

Lanjut Mulkan, sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka guna meningkatkan partisipasi masyarakat, diantaranya dengan memberikan sejumlah bahan pokok guna menarik minat masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Kabupaten Bangka sekaligus Ketua Tim Pelaksana Imunisasi, Harmendo, menyampaikan sasaran pelaksanaan imunisasi difteri sendiri merupakan anak-anak berusia 9 bulan hingga 8 tahun.

"Kami imbau kepada seluruh orang tua yang memiliki anak dengan rentang umur tersebut untuk turut berpartisipasi," ajak Harmendo. 

"Tujuan imunisasi ini sendiri untuk mengendalikan kasus KLB yang terjadi, pelaksanaan putaran pertama kemarin pada bulan Agustus dan yang kedua bulan September dan kali ini merupakan putaran ketiga," pungkasnya. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL