Kecamatan Pemali Pelopor Pembentukan IPSM Pertama di Babel

Dwi H Putra    •    Selasa, 12 Januari 2021 | 22:17 WIB
Lokal
Pembentukan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) di Kabupaten Bangka dipelopori Kecamatan Pemali dari delapan kecamatan yang ada di daerah ini.(ist)
Pembentukan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) di Kabupaten Bangka dipelopori Kecamatan Pemali dari delapan kecamatan yang ada di daerah ini.(ist)

PEMALI, www.wowbabel.com - Pembentukan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) di Kabupaten Bangka dipelopori Kecamatan Pemali dari delapan kecamatan yang ada di daerah ini. 

Camat Pemali, Achmad Suherman, menjelaskan IPSM Kecamatan Pemali merupakan IPSM pertama yang ada di Babel, dilaunching dan dikukuhkan pengurus IPSM di GSG Kecamatan Pemali. 

"IPSM bertugas untuk membantu masyarakat kurang mampu, terkena bencana dan lainnya. Bersifat berkesinambungan, tidak hanya satu kali saja dalam membantu masyarakat," kata Suherman di Pemali, Selasa (12/1/2021). 

Dijelaskannya beragamnya permasalahan kesejahteraan sosial yang ada, maka keberadaan IPSM sangat strategis dan sangat dibutuhkan mendukung program pemerintah. 

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Dinas Sosial Provinsi Babel, Doddy Dirnadi, mengapresiasi pembentukan IPSM Kecamatan Pemali. 

"IPSM ini menjadi wadah bagi PSM untuk koordinasi. Nanti akan digelar bimbingan teknis bagi PSM serta sertifikasi," jelas Doddy. 

Tambahnya, IPSM memiliki tugas utama melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, baik yang bersifat pembinaan dan pengembangan kesejahteraan sosial maupun pelayanan kesejahteraan sosial dengan mengindahkan kebijaksanaan Pemerintah di bidang kesejahteraan sosial. 

Hal senada diungkapkan Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Bangka, Marianto, ikut mengapresiasi pembentukan IPSM Kecamatan Pemali. 

Menurutnya, IPSM Kecamatan Pemali ini menjadi pionir bagi lainnya, sebab di Kabupaten Bangka belum terdapat IPSM. 

"Ini menjadi langkah besar untuk penanggulangan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat. Kami apresiasi pembentukan IPSM Kecamatan Pemali," tandas Marianto. 

Terkait adanya IPSM ini, ia menambahkan siap mensupport dan berkolaborasi terkait hal ini dan berharap tidak ada lagi masyarakat yang sakit atau tidak bersekolah hanya karena persoalan kesejahteraan masyarakat.

"Ini menjadi tanggung jawab bersama, memastikan jangan sampai ada masyarakat yang sakit atau tidak bisa bersekolah, mari bersama mewujudkan hal itu dan kami siap berkolaborasi," pungkasnya. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL