Pentingnya Memahami Konstitusi Digitalisasi Dalam Pemasaran UMKM Untuk Kemajuan Ekonomi Babel

Jurnalis_Warga    •    Rabu, 02 Desember 2020 | 11:29 WIB
Opini
Adri Ahmad Nafaran,  Mahasiswa Fakultas Hukum UBB/Anggota Permahi Babel.(ist)
Adri Ahmad Nafaran, Mahasiswa Fakultas Hukum UBB/Anggota Permahi Babel.(ist)

Oleh: Adri Ahmad Nafaran,  Mahasiswa Fakultas Hukum UBB/Anggota Permahi Babel


Indonesia disebut juga dengan Republik Indonesia (RI) atau Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau, salah satunya kepulauan yang ada di Indonesia yakni Kepulauan Bangka Belitung, dimana Kepualauan Bangka Belitung adalah  sebuah provinsi di indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta ratusan pulau-pulau kecil, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Bangka Belitung sangat terkenal akan wisata kuliner dan wisata alamnya, sehingga banyaknya penduduk Bangka Belitung memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kesadaran Hukum bagi pelaku UMKM sejatinya sangat penting karena terkait dengan keamanan dan kenyamanan dalam dunia usaha. Pemahaman hukum ini menjadi perlu sebab banyaknya pelaku usaha yang harus memahami hak dan kewajibannya sehingga dalam peraktiknya nanti tidak terjadinya suatu pelanggaran hukum diantara para pelaku usaha. Kemudian tatkala para pelaku UMKM mempunyai kesadaran hukum dalam dunia usahanya, tentunya akan mempermudah mereka dalam melakukan praktik perdagangan dan mempertahankan usahanya. Di lain sisi hal ini semakin menunjukan bahwa hal yang positif dan terbukanya peluang bagi pelaku UMKM serta mempermudah Pemerintah menuju stabilitas industri nasional. 

Pada era sekarang dimana teknologi telah menjadi kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia tak terkecuali juga sektor usaha, sehingga praktek UMKM pun dituntut harus mengalami digitalisasi, pada era 4.0 sekarang ditambah juga keadaan pandemi Covid-19 membuat para pelaku UMKM untuk memutar lagi otaknya dalam mencari cara untuk melakukan pemasaran, salah satunya melalui digitalisasi atau pemasaran secara online, sehingga pada kesempatan ini penulis memaparkan aspek-aspek hukum terkait dengan dunia UMKM yang mengalami digitalisasi, guna sebagai pencerahan kepada para pelaku usaha UMKM terkhusus di Kepulauan Bangka Belitung



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE