Masuk Enam Besar Tingkat Nasional, Perpustakaan Desa Air Belo Bersaing untuk Merebut Juara Satu

Chairul Aprizal    •    Selasa, 22 September 2020 | 11:19 WIB
Lokal
Perpustakaan Desa Air Belo Kecamatan Muntok.(rul/wb)
Perpustakaan Desa Air Belo Kecamatan Muntok.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat Ismantho mengungkapkan Perpustakaan Desa Air Belo Kecamatan Muntok masuk nominasi enam besar Nasional Perpustakaan Desa.

Ismantho menyampaikan bahwa, Selasa (22/09/2020), di Perpustakaan Desa Air Belo akan mewakili Provinsi Bangka Belitung lomba Perpustakaan Nasional secara virtual yang dihadiri juga oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bangka Belitung.

"Bulan kemarin itu datang informasi dari pusat bahwa ini dilakukan secara kunjungan langsung atau sistem virtual, ini kita sampaikan ke bupati, bupati memilih kunjungan langsung penilaian di lapangan," ungkap Ismantho.

"Kita sudah kirim surat ditandatangani bupati bahwa siap untuk dikunjungi tapi karena Covid ini menyebar begitu dahsyat di daerah lain maka perpustakaan nasional mengambil kebijakan hanya dilaksanakan secara virtual,” tuturnya.

Ismantho menuturkan program Perpustakaan Desa Air Belo ini dengan transformasi sosial berbasis inklusi sosial sehingga tak hanya sumber bacaan tapi juga pusat keterampilan desa ada di perpustakaan.

"Dan kita kebetulan termasuk kluster A, kluster yang tertinggi kita sudah berdasarkan penilaian portofolio sudah kita kirimkan ke perpusnas, setelah dinilai kita sudah masuk nominasi enam besar nasional," terang Ismantho.

Ismantho menyebutkan dalam virtual hari ini pihaknya akan memaparkan program, dan keterlibatan semua unsur yang ada di Bangka Barat hingga Provinsi.

"Sudah diputuskan enam besar itu, jadi hari ini yang tampil itu yang nominasi enam besar itu yang lain gak lagi, kita memperebutkan 1,2,3 dan seterusnya tapi juara 6 sudah di tangan," imbuhnya.

Ismantho berharap Perpustakaan Desa Air Belo bisa lebih berkembang lagi menjadi pusat informasi dan keterampilan serta menjadi sumber ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat menjadi inspirasi untuk desa lain.(rul/wb)





MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE