Ini Calon Pengganti H Sukirman dan Bong Ming Ming di DPRD Babel

Firman    •    Selasa, 22 September 2020 | 18:49 WIB
Pilkada
Ketua KPU Babel, Davitri. (Fiz/wb)
Ketua KPU Babel, Davitri. (Fiz/wb)

PANGKALPINANG, wowbabel.com - Anggota legislatif, baik DPR, DPRD provinsi, maupun DPRD kabupaten/kota, yang mencalonkan diri sebagai calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2020 wajib mengundurkan diri dari jabatannya. 

Pengunduran diri itu dilaksanakan sejak ditetapkan sebagai calon. Kewajiban mengundurkan diri sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). 

Kemudian, pengunduran diri itu juga dipertegas Keputusan KPU RI Nomor 394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2020 tentang Pedoman Teknis Pendaftaran, Penelitian, dan Perbaikan Dokumen Persyaratan, Penetapan, serta Pengundian Nomor Urut Pasangan calon dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota, dan Wakil Wali Kota.

“Surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD dari lima bakal calon sudah diterima KPU di kabupaten yang menggelar Pilkada 2020 saat pendaftaran. Sedangkan surat PAW nanti menunggu dari partai politik dan pimpinan DPRD provinsi,” kata Davitri, Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung, Selasa (22/9/2019).

Diungkapkan Davitri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Rabu (23/9/2019) akan menggelar rapat pleno penetapan calon bupati/wakil bupati pada Pilkada Bangka Barat 2020. Terdapat tiga nama anggota DPRD yang akan berlaga pada Pilkada digelar 9 Desember 2020 nanti. Ketiganya adalah H Sukirman dan Bong Ming Ming anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung dan Badri Syamsu Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat dari PDIP.

Jika ditetapkan sebagai calon bupati/wakil bupati, maka kursi yang ditinggalkan anggota DPRD ini akan diisi oleh calon pengganti, yang dikenal dengan pergantian antar waktu (PAW). Dalam proses PAW, ada mekanisme tambahan, yakni klarifikasi untuk calon PAW yang dinyatakan tidak memenuhi sarat (TMS) , baik karena meninggal dunia, mengundurkan diri dan tidak lagi memenuhi syarat sebagai calon anggota DPRD. Selain itu, adanya informasi tertulis dari masyarakat.



MEDSOS WOWBABEL