Orientasi Saka Kalpataru, Siapkan Generasi Cinta Lingkungan

Dwi H Putra    •    Senin, 14 September 2020 | 14:23 WIB
Lokal
Pengenalan atau masa orientasi anggota Paramuka Satuan Karya (Saka) Kalpataru dilaksanakan di Education Garden Desa Petaling, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, dengan melibatkan 44 orang peserta.(ist)
Pengenalan atau masa orientasi anggota Paramuka Satuan Karya (Saka) Kalpataru dilaksanakan di Education Garden Desa Petaling, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, dengan melibatkan 44 orang peserta.(ist)

MENDOBARAT, www.wowbabel.com  -- Pengenalan atau masa orientasi anggota Paramuka Satuan Karya (Saka) Kalpataru dilaksanakan di Education Garden Desa Petaling, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, dengan melibatkan 44 orang peserta.

Berbagai program pengenalan serta dialog terkait Program Saka Kalpataru digelar dengan santai, beberapa narasumber yang berkompeten dilibatkan dalam kegiatan tersebut seperti perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Babel, Praktisi Lingkungan Imam Rosadi hingga Peraih Kalpataru Dian Rosana Angraeni.

Pamong Saka Kalpataru Kabupaten Bangka, Imam Sasmito, menjelaskan orientasi ini merupakan kali kedua rekruitmen yang dilakukan Saka Kalpataru, bertujuan untuk mempersiapkan kader pramuka yang mencintai lingkungan.

"Setelah masa orientasi ini kami rutin melaksanakan kegiatan bersama yang tujuannya untuk mengajak dan mengenalkan para siswa dengan lingkungan," kata Imam di Mendo Barat, Senin (14/9/2020).

Lebih lanjut dikatakannya orientasi juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan bertemakan lingkungan. Perlombaan yang dilaksanakan diantaranya meniup bola pimpong, memecahkan kantong air dan memasukan bambu.

"Perlombaan tersebut bertujuan meningkatkan kreativitas dan kekompakan kelompok," ujarnya. 

Salah satu peserta perkemahan sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan, Agustin Amelia, menyampaikan sangat gembira bisa mengikuti perkemahan. Dirinya juga merasakan antusiasme yang tinggi dari para peserta perkemahan lainnya.

"Semoga Saka Kalpataru dapat lebih maju dari generasi ke generasi, sehingga dapat menberikan kontribusi dan kerja nyata terhadap kelestarian alam," tukas  siswi Kelas XI SMAN 1 Pemali tersebut. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE