Film ‘Tilik’ Jadi Viral di Media Sosial

Tim_Wow    •    Rabu, 26 Agustus 2020 | 15:02 WIB
Hiburan
Poster film Tilik.(ist)
Poster film Tilik.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Film ‘Tilik’ belakang ini viral di dunia medsos. Film pendek berbahasa Jawa, karya Wahyu Agung Prasetyo di produksi Ravacana film menjadi perbincangan di dunia maya, media sosial.

Film pendek ini sebenarnya diproduksi pada tahun 2018 lalu, namun baru diunggah ke YouTube dan tayang perdana pada Senin, 17 Agustus 2020, tepat perayaan HUT RI ke-75. 

Baca Juga: Menilik Film Tilik, Narasi Kebisaan Rumpi

Sebenarnya alur kisah film ini sangat sederhana dan dikemas afik, memikat serta mewakili sebagian besar dari karakter masyarakat sehari-hari.

Bu Tejo, menjadi tokoh sentral dalam film pendek ini dengan peran antagonisnya membuat sebagian besar penonton geregetan.

Bu Tejo digambarkan sebagai figur yang ingin menang sendiri, gemar bergosip serta membongkar aib orang. Banyak lagi adegan dan percakapan yang bikin penonton tertawa dan merasa sangat terhibur. 

Alur cerita film ini bermula ketika sejumlah ibu-ibu ingin menjenguk Bu Lurah yang sedang sakit dan dirawat di sebuah rumah sakit. Yu Ning yang digambar sebagai sosok arif dan bijaksana berinisiatif untuk ‘tilik’ atau menjenguk Bu Lurah.

Lantaran bus yang akan ditumpang tidak ada, maka para ibu-ibu ini sepakat untuk menyewa sebuah truk milik pria yang bernama Gotrek. Mereka berangkat dari kampung menuju ke rumah sakit yang lumayan jauh di daerah perkotaan. 

Dalam perjalanan inilah terjadi adegan dan dialog-dialog yang menarik dan mengelitik. Bahkan truk sempat mogok dan harus didorong para ibu-ibu serta ditilang polisi.

Di tengah perjalanan pun Bu Tejo sempat mendadak kebelet pipis dan akhirnya turun di musala. Ada juga ibu-ibu yang mabuk kendaraan sehingga harus muntah-muntah.

Percapakapan di atas truk cukup menarik, dengan tokoh sentral Bu Tejo yang gemar bergosip.  Adalah Dian, gadis cantik di kampung mereka, yang menjadi bahan obrolan Bu Tejo dan sebagian ibu-ibu lain. Terlebih, Dian adalah orang yang ikut mengantar Bu Lurah ke rumah sakit bareng Fikri, anak semata wayang Bu Lurah yang sudah dewasa. Tak pelak, Dian pun dianggap memiliki hubungan yang lebih dari sebatas teman dengan Fikri.

Dengan gencarnya Bu Tejo menebarkan cerita yang tidak-tidak seputar kehidupan Dian yang menurutnya adalah gadis yang tidak benar, suka mengganggu para lelaki, para suami, dan seterusnya. 

Perjalanan “tilik” menjadi penuh gosip dan petualangan bagi para warga desa yang naik truk tersebut. Bagi yang penasaran bisa menonton melalui link ini, FILM TILIK (https://www.youtube.com/watch?v=GAyvgz8_zV8&t=26s).(bbs/wb)




Tags :
MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE