Begini Cara Memiliki Pecahan Uang Baru Rp 75 Ribu

Tim_Wow    •    Senin, 17 Agustus 2020 | 14:53 WIB
Nasional
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan akan meluncurkan uang pecahan baru, Senin (17/8/2020). Uang pecahan baru tersebut sesuai dengan usia Bangsa Indonesia yang ke-75 yakni Rp 75.000.

Uang tersebut tidak diedarkan secara umum atau digunakan untuk  transaksi serta perlu prosedur khusus untuk memilikinya.

BI merilis langkah-langkah untuk memiliki uang edisi khusus tersebut:

1. Masyarakat bisa menukarkan uang senilai Rp75.000 secara tunai dengan satu lembar UPK 75 Tahun RI yang memiliki nilai nominal senilai Rp75.000.

2. Sebelumnya masyarakat wajib melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

Setiap satu KTP hanya bisa ditukarkan untuk mendapat satu lembar Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 RI dengan nominal Rp 75.000. 

Peluncuran uang baru ini akan digelar secara virtual lantaran untuk mencegah penyebaran Covid-19.  Peluncuran uang pecahan Rp 75.000 nanti akan dihadiri  Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan bertajuk "Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia".

Sebelumnya, BI memang beberapa kali telah menerbitkan uang edisi koleksi seperti edisi 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, dan Seri Cagar Alam.

Ada yang menarik pada uang pecahan baru ini, tulisan Rp 75 ribu seperti terpisah dan menyusul dibelakang 000 dengan bentuk yang jauh lebih kecil. Hal tersebut seakan menunjukkan rencana redenominasi dengan memangkas nol.  Pada bagian belakang uang merupakan gambar deretan anak-anak yang memakai berbagai baju adat dari Sabang sampai Merauke.(*)

  




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE