Ditemukan Salah Penulisan, Kejari Pangkalpinang Amankan Sejumlah LKS Agama Islam

Caption: Buku LKS Pelajaran  Agama Islam dan Budi Pekerti yang ditemukan kesalahan dalam penulisan. (hdd/wb)
Caption: Buku LKS Pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti yang ditemukan kesalahan dalam penulisan. (hdd/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kontroversial buku pelajaran lembar kerja siswa (LKS) Pendidikan Agama Islam yang kini beredar di SD Negeri 12 Kota Pangkalpinang diminta untuk segera ditarik.

Pasalnya pada Buku LKS Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas II di SDN 12 tersebut, ditemukan kalimat keliru menyangkut penulisan nama Nabi Muhammad SAW.

Dalam buku LKS tersebut, kalimat kontroversial itu terdapat dalam soal nomor 15 berisi pertanyaan tentang 'B*bi Muhammad SAW menjelaskan bahwa jujur itu membawa kebaikan dan kebaikan itu menuntun ke surga'. Pernyataan tersebut muncul dalam bentuk soal pilihan ganda yang terdapat di halaman 10. 

Buku yang memiliki cover dengan tulisan Medali itu disebar ke beberapa sekolah di Pangkalpinang selain di SDN 12 Pangkalpinang. 

Menurut Kasi Intel Kejari Pangkalpinang, Ryan Sumarta, soal kalimat pada buku tersebut bisa menimbulkan salah faham di masyarakat.

Tim Intelijen Kejari Pangkalpinang pada pukul 08.00 WIB, langsung menemui pihak SDN 12 serta meminta kepala sekolah untuk menarik buku tersebut dan tidak disebarkan lagi ke siswa-siswa.

"Yang sudah beredar agar diambil untuk dititipkan di Kejaksaan Negeri Pangkalpinang," tegas Ryan, Kamis (13/8/2020).

Ryan melanjutkan, Tim Intelijen juga bergegas menuju Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang dan Kepala Bidang SD untuk segera menarik buku yang telah beredar di SD 12 Kota Pangkalpinang.

"Dari SD 12 telah dititipkan sejumlah 25 buku," ujarnya.

"Berdasarkan pemantauan juga ditemukan di SD 65 Pangkalpinang juga ditemukan 30 buku. Sementara untuk yang mengantar buku masih belum diperoleh informasi," kata Ryan. (hdd/wb)





MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE