Jokowi Temukan Rp 170 Triliun Dana APBD Masih di Bank

Tim_Wow    •    Rabu, 12 Agustus 2020 | 10:08 WIB
Nasional
Presiden RI, Joko Widodo.(ist)
Presiden RI, Joko Widodo.(ist)

BANDUNG,www.wowbabel.com -- Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan pentingnya pemerintah untuk mengatur "gas dan rem" antara kesehatan dan ekonomi pada masa pandemi Covid-19. Dana bantuan kepada masyarakat menengah ke bawah dalam APBN maupun APBD untuk segera dicairkan agar bisa menggerakkan daya beli masyarakat.

Saat ini Jokowi mendapati Rp 170 triliun dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masih disimpan di bank. Oleh sebab itu  Jokowi meminta di kwartal III 2020 ini para gubernur dan bupati membelanjakan APBD unyuk menggerakkan ekonomi masyarakat di daerah.

Demikian arahan Presiden Jokowi  di Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat di Markas Kodam III/Siliwangi, Selasa (11/8/2020).

Untuk diketahui, perekonomian Indonesia pada kuartal I tahun 2020 masih tumbuh positif 2,97 persen. Di kuartal II, perekonomian Indonesia turun ke minus 5,32 persen. Meski demikian, Kepala Negara optimistis bahwa perekonomian Indonesia akan kembali pulih di kuartal III.

"Saya optimis di kuartal III kita akan lebih baik dari kuartal II dan kita harapkan kita ingin tumbuh positif, tapi memang ini perlu kerja keras," tegas Presiden Jokowi.

Salah satu upaya menurut Presiden Jokowi bisa mendongkrak ekonomi di kuartal III adalah  belanja daerah. Untuk itu, Presiden Jokowi meminta kepada para kepala daerah baik gubernur maupun bupati/wali kota agar segera merealisasikan belanja APBD-nya.

"Secara nasional saya masih melihat anggaran-anggaran itu masih berada di bank, APBD masih Rp 170 triliun di bank. Artinya, penggunaannya memerlukan kecepatan, terutama di kuartal III ini. Kunci ada di bulan Juli, Agustus, dan September supaya kita tidak masuk ke dalam kategori resesi ekonomi," ungkapnya.

"Sekali lagi, Juli, Agustus, September ini sangat menentukan. Begitu kita belanjakan sesegera mungkin, kemungkinan kita bisa kembali lagi ke positif itu masih ada peluang," tandasnya. (*)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE