Gara-gara Pelajaran Daring, Guru di Muntok Sempat Frustasi

Caption: Rita salah satu guru di SMAN 1 Muntok. (rul/wb)
Caption: Rita salah satu guru di SMAN 1 Muntok. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com --Tenaga Pendidik di Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat tidak menampik berbagai kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran sistem dalam jaringan (daring) dan era New Normal dalam mengajari muridnya.

Hal ini diungkapkan, Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Muntok Kabupaten Bangka Barat, Rita yang menyebutkan dirinya  terkadang frustasi dalam memberikan materi via online/daring.

"Kita mengerjakan juga terkendala karena keterbatasan fasilitas," ucap Rita, Selasa (11/08/2020).

Rita menyebutkan sempat ada beberapa materi yang ditinggalkan karena memang tidak dapat diberikan via online kepada muridnya.

"Tidak bertemu murid selama daring sangat ada tekanan moral banget, karena apa yang saya berikan itu beda jauh dengan yang kita tatap muka," jelasnya.

Rita merasakan materi yang diberikan selama daring tidak maksimal dan sangat sedikit sekali untuk bisa diserap oleh Siswa.

"Setelah sekarang era new normal ada tatap muka walau sekarang setengah daring, karena gini waktu yang biasa setengah lima sekarang kita hanya separuhnya. Itu sangat tidak bisa proporsional materi yang kita berikan jadi untuk materi banyak yang saya share lewat media," sambungnya.

Rita menerangkan tidak terlalu optimis kalau di era new normal ini dan berharap guru orangtua siswa bisa bersinergi untuk kepentingan siswa dalam mendapatkan pelajaran yang dibutuhkan.

"Upaya saya saat daring agar dapat mengimbangi segala keterbatasan murid masing-masing dengan berbagai macam kadang dengan google clashroom, kalau tidak terkejer lewat wa, kalau enggak terkejar saya telpon bermacam-macam itupun hanya 60-70%," tukasnya. (rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE