Upacara HUT RI ke-75 di Babar Berlangsung Terbatas

Caption: Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bangka Barat, Yusuf Yudono. (rul/wb)
Caption: Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bangka Barat, Yusuf Yudono. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bangka Barat, Yusuf Yudono menyebutkan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini digelar tidak seperti biasanya lantaran pandemi Covid-19. 

Menurutnya, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 dilakukan secara sederhana dengan peserta yang terbatas dan menerapkan Protokol Kesehatan.

"Tahun ini untuk kegiatan di tingkat daerah itu mengacu ke pusat. Komposisinya sangat terbatas, komandan upacara satu orang, pasukan pengibar bendera pusaka sebanyak tiga orang. Makanya latihankan hanya tiga orang  tidak ada cadangan dan mereka ini Paskibraka tahun 2019," kata Yusuf, diruang kerjanya, Senin, (10/08/2020).

Ia menambahkan, untuk pasukan upacara tidak melibatkan pelajar sekolah, hanya diikuti sebanyak 20 orang yang berasal dari TNI/Polri serta tidak menggunakan pasukan penembak pada saat detik-detik proklamasi.

"Ditingkat daerah upacara kemerdekaan dilaksanakan di Kantor Pemerintah Provinsi, Kabupaten, atau Kota makanya kita setting," ujarnya. 

Yusuf menuturkan, upacara tahun ini memang tidak seperti biasanya yang digelar di lapangan Gelora Muntok hanya di depan Kantor Bupati Bangka Barat.

"Upacara tidak di lapangan, pokoknya tidak ada upacara seperti biasanya jadi ini hanya upacara penaikan bendera saja, mulai pukul 7 sebelum pelaksanaan upacara di Istana," ujarnya.

Yusuf menerangkan, setelah itu Kepala Daerah dan Forkopimda Bangka Barat  wajib mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-75 detik-detik proklamasi, penaikan dan penurunan bendera yang digelar di Istana Merdeka secara virtual.

"Intinya upacara kita tidak selazim yang biasanya baik yang di Istana sampai yang ditingkat daerah," tutupnya. (rul/wb)




MEDSOS WOWBABEL