Penduduk Miskin Dilihat dari Konsumsi Kalori

Caption: Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Kabupaten Bangka Barat, Haris Zirtana. (rul/wb)
Caption: Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Kabupaten Bangka Barat, Haris Zirtana. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Barat menyampaikan bahwa jumlah penduduk miskin di Kabupaten Bangka Barat menurut data terakhir dirilis tahun 2019 sebanyak 5.650 jiwa atau 2,67% dari jumlah penduduk.

Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Kabupaten Bangka Barat, Haris Zirtana menyampaikan, bahwa penduduk yang dikategorikan miskin itu berdasarkan konsumsi kalori.

"Iya konsumsi kalorinya kalau dibawah 2.100 Kkal itu garis kemiskinan," ucap Haris Zirtana, ditemui dikantornya, Jumat (7/8/2020).

Haris mengatakan, masyarakat dikatakan penduduk miskin apabila memiliki pendapatan perkapita dibawah garis kemiskinan. Untuk di Bangka Barat garis kemiskinannya sebesar Rp
549.496 per kapita per bulan.

"Kalau kami BPS inikan hanya penyedia data kalau analisis dan tindaklanjut kebijakan perencanaan dan evaluasi itu sudah bukan kapasitas kami lagi," ungkapnya.

Haris menyebutkan BPS mengkategorikan penduduk miskin dari konsumsi makanan dan non makanan.

"Non makanannya mulai dari perumahan,  biaya terkait perumahan mulai dari listrik artinya konsumsi dia selama satu bulan. Nilai konsumsi makanan dan non makanan itu kami konversikan menjadi kilo kalori jadi kalau 2.100 kkal bisa dikatakan penduduk miskin," tutupnya. (rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL