Babel Memasuki Musim Kemarau

Hafiz Wow    •    Jumat, 07 Agustus 2020 | 17:03 WIB
Lokal
Caption: Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji. (fiz/wb)
Caption: Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji. (fiz/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang menyampaikan prakiraan kondisi cuaca Bangka Belitung (Babel) secara umum cerah hingga beberapa hari kedepan. 

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji  mengatakan untuk tiga hari kedepan umumnya cerah sampai dengan cerah berawan.

"Peluang hujan hanya dengan intensitas sedang saja di Kabupaten Bangka dan Belitung yg diprakirakan terjadi di siang hingga sore hari," ungkap Kurniaji, Jumat (7/8/2020)

Kurniaji juga menyampaikan untuk cuaca perairan Babel, tinggi gelombang diprakirakan masih antara 0.5 sampai 1 meter berlaku untuk hari ini hingga besok.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Pertama, Aflah Yuliarti menjelaskan sejak bulan Juli yang lalu ada indikasi Bangka Belitung sudah memasuki musim kemarau.

"Sebenarnya istilah musim pancaroba tidak ada. Hanya punya dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Untuk saat ini khususnya di wilayah Bangka Belitung, kecuali dibagian barat Pulau Bangka ada indikasi memasuki musim kemarau sejak Juli dasarian 3 atau akhir Juli," terang Aflah.

Ia menambahkan, prakirakan musim kemarau akan berlangsung hingga awal Oktober kedepan. Indikator musim kemarau berdasarkan jumlah curah hujan kurang dari 50mm dalam satu dasarian (sepuluh harian) yang berlangsung minimal selama tiga dasarian berturut-turut. (fiz/wb)





TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL