Hati Sapi Kurban di Rumdin Bupati Bangka Dibuang

Dwi H Putra    •    Sabtu, 01 Agustus 2020 | 16:45 WIB
Lokal
Caption: Pemeriksaan hati sapi di rumah Dinas Bupati Kabupaten Bangka. (dwi/wb)
Caption: Pemeriksaan hati sapi di rumah Dinas Bupati Kabupaten Bangka. (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Hati sapi kurban di salah satu hewan yang disembelih di Rumah Dinas Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terpaksa dibuang panitia pelaksana kurban Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Pasalnya, petugas dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, menemukan cacing di hati sapi tersebut. 

Dokter Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, drh Saprianti, menjelaskan dengan adanya penemuan ini maka hati dari sapi tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

"Kami menemukan ada cacing di sebagian hati sapi kurban ini, artinya hati ini tidak layak konsumsi. Maka harus dibuang," kata drh Saprianti di Sungailiat, Sabtu (1/8/2020).

Lanjutnya kendati ditemukan cacing hati tersebut, daging sapi itu sendiri aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

"Kalau daging aman, boleh dimakan termasuk organ-organ yang lain itu aman, hanya hatinya saja uang harus dibuang," jelas Saprianti.

Dijelaskan drh Saprianti, untuk hati yang ada cacing jika terkonsumsi oleh manusia maka dapat menular ke manusia, maka dari itu pihaknya tidak mengizinkan untuk di konsumsi.

"Adanya cacing hati ini, biasanya berasal dari faktor makanan, apalagi sebagian besar sapi yang dipasok berasal dari luar Babel," jelas Saprianti.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Elius Gani, membenarkan jika tim menemukan cacing di hati sapi kurban yang dipotong di Rumah Dinas Bupati bangka.

"Dari 29 ekor sapi yang dipotong, tadi memang ditemukan satu sapi yang hatinya ada cacing," tukas Ellius Gani.

Tambahnya hati dari sapi tersebut langsung dibuang petugas, karena tidak layak untuk konsumsi. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL