Bermula dari Karung Jagung di Lontong Pancur, Sindikat Sabu Myanmar Terbongkar

Tim Gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Mabes Polri serta Polda Bangka Belitung berhasil mengungkap jaringan peredaran narkoba jenis sabu-sabu asal Myanmar, Selasa (28/7/2020), di gudang kawasan Jalan Prabu Siliwangi, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas Kota Tangerang.(ist)
Tim Gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Mabes Polri serta Polda Bangka Belitung berhasil mengungkap jaringan peredaran narkoba jenis sabu-sabu asal Myanmar, Selasa (28/7/2020), di gudang kawasan Jalan Prabu Siliwangi, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas Kota Tangerang.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com --  Tim Gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN), Mabes Polri  dan Polda Bangka Belitung serta Beacukai Pangkalpinang berhasil mengungkap jaringan peredaran narkoba jenis sabu-sabu asal Myanmar, Selasa (28/7/2020), di gudang kawasan Jalan Prabu Siliwangi, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas Kota Tangerang.

Sabu-sabu yang berhasil diamankan sekitar 200 kilogram yang diduga berasal dari  Myanmar  dengan rute laut melalui Malaysia, Batam, Bangka Belitung dan Jakarta.

Baca Juga: 200 Kg Sabu-sabu Asal Myanmar Sempat Transit di Pangkalpinang

Modus yang digunakan jaringan ini adalah memasukan narkoba dalam karung yang berisi bahan pangan berupa jagung. Pengiriman sabu di masa pandemi Covid-19 melalui jalur laut kemudian diangkut menggunakan truk yang disamarkan dalam karung berisi jagung untuk mengelabui petugas.

Terbongkarnya penyelundupan narkoba melalui rute laut ini berawal pada Selasa (21/7/2020), Ditressnkroba Polda Babel menerima informasi dari masyarakat, jika di jasa pengiriman barang antar pulau yang berada di kawasan Jalan Pertamina Kelurahan Lontong Pancur, Pangkalpinang ada benda yang mencurigakan disembunyikan di karung berwarna hijau berisi jagung.

Dir Narkoba Polda Babel beserta anggota memeriksa secara random beberapa karung yang dicurigai dan menemukan delapan bungkus sabu-sabu dengan berat 9,13 kilogram.

Berdasarkan hasil pendalaman informasi, diketahui barang diimport dari Myanmar melalui Malaysia ke Indonesia dan masuk melalui Batam serta transit di Babel dan akan dikirim ke alamat penerima di Jakarta. 

Dari hasil temuan tersebut jajaran Ditresnarkoba Polda Babel menghubungi Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri untuk meminta back up teknis lantaran akan melakukan teknik penyidikan pengantaran yang diawasi (controlled delivery) ke Jakarta terhadap barang dimaksud. Sehingga dilakukan operasi gabungan.

Dirnarkoba Polda Babel bersama empat personil berangkat ke Jakarta untuk melakukan pengembangan dan diback up oleh Tim dari Direktorat 4 Bareskrim Polri.

Setelah melakukan penyelidikan dan pengintaian tim gabungan melakukan penggerebekan di gudang kawasan Jalan Prabu Siliwangi, Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas Kota Tangerang.

Empat orang berhasil diamankan masing-masing berinisial  SCR asal Jakarta, RN asal Batam, A asal Batam dan YD juga asal Batam.

Total barang bukti yang berhasil diamankan narkotika jenis sabu yang disembunyikan di dalam karung berisi jagung dengan berat bruto lebih dari 200 kilogram, jagung seberat 20 ton, satu unit kendaraan Daihatsu Xenia warna putih nopol B 1107, satu unit kendaraan Daihatsu Grandmax warna silver nopol D 1321 AAS, satu buah Metal detector serta tiga buah pisau cutter.

Kabid Humas Polda Bangka Belitung, Kombes (Pol) Maladi, membenarkan adanya penggerebekan narkoba jensi sabu-sabu dengan jumlah ratusan kilogram.

“Tunggu kapolda akan merilis secara lengkap karena hasil pengembangan Polda Babel jaringan internasional, Mabes Polri menyediakan pesawat khusus untuk membawa tersangka dan barang bukti ke Polda Babel,” kata Kombes (Pol) Maladi seraya menambahkan pengungkapan kasus merupakan tim gabungan Polda Babel, Mabes Polri dan BNN.(wb)






MEDSOS WOWBABEL