Mengentaskan Buta Keaksaraan Dimulai dari Rumah

Heriyanto, S.H.I., Guru SMP Negeri 4 Gantung. (Ist)
Heriyanto, S.H.I., Guru SMP Negeri 4 Gantung. (Ist)

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkap capaian tahun 2020 tentang penuntasan buta aksara di Indonesia. Menurut data yang dihimpun dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud dari data proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk Indonesia yang telah berhasil diberaksarakan mencapai 97,932%, atau tinggal sekitar 2,068% (3,474 juta orang) yang masih buta aksara.

Angka Buta Aksara usia 15-59 tahun di Indonesia dilihat dari masing-masing provinsi masih terdapat 11 provinsi memiliki angka buta huruf di atas angka nasional. Kesebelas provinsi tersebut yaitu Papua sebesar 25,843%, NTB 7,787%, NTT 5,365%, Sulawesi Barat 4,36%, Kalimantan Barat 4,283%, Sulawesi Selatan 4,686%, Bali 2,908%, JawaTimur 3,427%, Kalimantan Utara 2,562%.

Kemudian Sulawesi Tenggara sebesar 2,510%, danJawa Tengah 2,267%. Sedangkan 23 provinsi lainnya sudah berada di bawah angka nasional. Ironisnya penduduk tuna aksara ini kebanyakan perempuan yang minim pengetahuan, keterampilan ataupun masih berpedoman kekunoan (belum mau menerima pembaruan).

Pengentasan buta aksara sangat perlu secepatnya dilakukan agar tidak ada lagi masyarakat yang diperbodoh hanya karena tidak bisa membaca dan menulis. Pemerintah juga telah berkomit mensesuai konferensi tingkat menteri negara-negara anggota PBB tahun 1965 untuk membebaskan seluruh warganya dari tuna aksara.

Sebagai upayanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menjalankan beragam program dan kegiatan untuk menuntaskan buta aksara. Antara lain memperkuat program pendidikan keaksaraan dengan budaya, keterampilan, dan bahasa. Kemendikbud juga menggulirkan program-program keaksaraan dengan memperhatikan kondisi daerah, seperti program keaksaraan dasar pada taksara, program keaksaraan dasar bagi komunitas adat terpencil/khusus, program keaksaraan usaha mandiri, dan program multi keaksaraan.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL