Kunjungi Babel, Jangan Lupa Cicipi Lima Kuliner Olahan Ikan Ini

Tim_Wow    •    Sabtu, 18 Juli 2020 | 15:55 WIB
Travel
Otak-otak Bangka. (wb)
Otak-otak Bangka. (wb)

PANGKALPINANG, wowbabel.com -- Berkunjung ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), anda tidak hanya disuguhkan dengan eksotisme keindahan alamnya saja.  Tak lengkap rasanya jika anda tak mencicipi kuliner khas negeri Serumpun Sebalai ini.

Sebagai provinsi kepulauan, kuliner khas Bangka Belitung didominasi dari olahan hasil laut. Baik cemilan maupun makanan utama khas Babel biasanya terbuat dari seafood dan ikan. Kebayangkan, serunya mencicipi berbagai kuliner yang diolah dari ikan-ikan segar dalam berbagai rasa.

Kuliner khas daerah yang terkenal dengan pantainya yang mempesona ini, memiliki cita rasa yang khas dan unik dan berbeda dari daerah lainnya. Akulturasi budaya perpaduan Melayu dan Tionghoa membuat cita rasa makanan khas Bangka Belitung kian unik.

Berikut beberapa makanan khas babel berupa cemilan yang wajib anda cicipi saat bertandang ke Babel.


1. Mie Kuah Ikan

Mie Kuah ikan disajikan dengan kuah yang terbuat dari ikan yang sudah diolah. Ikannya pun beragam seperti Tenggiri, Selar dan jenis ikan lainnya. Tekstur mie yang lembut ditambah siraman kuah ikan yang telah diberi bumbu seperti bawang putih, jahe, dan rempah lainnya dijamin akan menggugah selera anda.

Warna mie kuning dengan siraman kuah ikan yang berwarna kecoklatan, ditambah dengan taburan tauge, seledri dan bawang goreng akan memanjakan lidah anda. Untuk mengurangi rasa amis pada siraman kuah ikan, anda bisa menggunakan perasan jeruk kunci dan cabai yang telah dihaluskan.

Mie Kuah Ikan cukup mudah anda temui di Babel, seperti di Kota Pangkalpinang banyak warung-warung yang menyediakan mie kuah ikan misalnya di warung pinggir jalan, kawasan pasar mambo dan lainnya. Untuk mencicipi satu porsi kuliner ini anda hanya perlu merogoh kocek dari Rp10ribu-Rp15 ribu.


2. Otak Otak

Otak-Otak merupakan makanan yang berbahan dasar ikan, cumi, ataupun udang. Cara menikmati otak-otak juga banyak, ada otak-otak rebus, otak-otak goreng, dan otak-otak panggang. Tinggal pilih ya sesuai selera anda mau menikmati otak-otak goreng, panggang atau rebus. Tekstur otak-otak yang kenyal akan membuat anda penasaran untuk mencicipinya. Saat ini, otak-otak juga memiliki banyak varian rasa dan bentuk. Untuk otak-otak panggang biasanya akan disajikan dengan bungkus daun pisang.

Olahan ikan yang dicampur dengan terigu ini disajikan dengan kuah tauco, belacan ataupun kuah cabai. Perpaduan olahan ikan dengan kuah tauco asam dan pedas tentunya akan menimbulkan sensasi yang unik di lidah anda.

Tidak sulit untuk menemukan otak-otak di Babel, khususnya di Pangkalpinang cemilan ini tersedia di warung pinggir jalan hingga cafe. Untuk menikmatinya anda hanya perlu merogoh kocek Rp1.000-Rp4.000 per butirnya.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL