Ternyata Bukan Pagi Hari, Ini Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

Tim_Wow    •    Kamis, 16 Juli 2020 | 18:45 WIB
Travel
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Ternyata waktu yang tepat untuk minum kopi bukan lah pada pagi hari. Mengkonsumsi kopi saat bangun tidur sama sekali tidak akan memberikan manfaat untuk tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Steven Miller dari Universitas Health Sciences di Bethesda, waktu yang paling tepat untuk minum kopi adalah saat produksi hormon kortisol mulai menurun.

Hormon kortisol adalah salah satu hormon penting yang dihasilkan tubuh. Hormon ini dibuat dua kelenjar adrenal (satu terletak pada setiap ginjal) dan itu sangat penting bagi kehidupan. Hormon ini dikenal juga secara luas sebagai hormon stres, lantaran diproduksi lebih banyak saat tubuh stres, baik fisik maupun emosional.

Pada kondisi normal, kadar hormon ini tertinggi mencapai puncak sekitar pukul 8 sampai 9 pagi dan akan semakin menurun. Saat hormon kortisol menurun, saat itulah butuh kafein yang ada di dalam kopi.

Kafein tidak meningkatkan produksi hormon kortisol, tapi dapat menggantikan peran hormon ini saat produksinya menurun. Alasan kopi dapat membuat bersemangat adalah efek kafein kepada otak. Tidak hanya sebagai stimulan, kafein juga dapat menghambat reseptor adenosin. Dampaknya dapat membuat lebih berenergi serta merasa lebih bersemangat.

Jadi waktu yang tepat minum kopi yakni pada jam 8.00-9.00 pagi, jam 12.00-13.00 siang, jam 17.30-18.30. Jika minum kopi di waktu yang salah, maka tidak akan mendapatkan manfaat.(*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL