Masa Pandemi Covid-19, Dana BOS Boleh Digunakan untuk Tiga Hal

Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkapinang Eddy Supriadi.(hen/wb)
Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkapinang Eddy Supriadi.(hen/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkapinang Eddy Supriadi mengatakan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler, afirmasi dan kinerja bisa digunakan oleh sekolah negeri maupun swasta untuk meningkatkan fleksibilitas di masa pandemi Covid-19.

Pada tanggal 6 Juni 2020 lalu, Disdikbud Kota Pangkalpinang juga berencana bakal menyurati pihak yayasan sekolah swasta terkait nasib para guru sekolah swasta yang terdampak akibat pandemi Covid-19. 

"Boleh. Dana BOS itu lebih improvisasi dalam masa pandemi ini, bisa dibelanjakan untuk biaya operasional pembayaran gaji sekolah swasta maupun negeri," kata Eddy ketika dikonfirmasi, Rabu (8/7/2020).

Namun, menurut Eddy, tidak semua sekolah swasta juga memiliki masalah secara operasional meskipun terdapat beberapa sebagian sekolah swasta kini mengalami kesulitan di masa pandemi Covid-19.

"Kalau sekolah tertentu dia sudah enggak ada masalah secara operasional. Kemudian juga ada berapa sekolah yang terganggu secara operasional. Yang terganggu operasionalnya mereka harus bijak dengan kondisi sekarang, karena masyarakat bisa berpaling dari mereka di swasta," ujarnya.

Adapun kata Eddy, jika sekolah swasta yang memiliki pangsa pasar maka mereka tidak akan terganggu dari segi operasionalnya, lantaran sekolah tersebut dimulai dari jenjang SD hingga ke SMP. 

Selain itu, Eddy menyebutkan dalam hal lain pada masa pandemi saat ini sekolah mempunyai improvisasi masing-masing, tetapi yang jelas harus mengacu pada protokol kesehatan. 

"Jadi untuk sekarang ini menahan dulu untuk operasional yang berbiaya tinggi untuk masyarakat, jadi kalau yang berbiaya tinggi itu bagi swasta yang tidak mapan ya, tidak punya pangsa pasarnya," kata Eddy.(hen/wb)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE