Beberapa Wilayah dan Negara Dilintasi Gerhana Matahari Cincin Tanggal 21 Juni 2020

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin.(net)
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin.(net)

JAKARTA,www.wowbabel.com -- Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi, Minggu (21/6/2020) dan akan melintasi sebagian wilayah Indonesia.

Seperti yang diliris web resmi BMKG yakni BMKG.go.id, gerhana matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan, tidak semua cahaya akan sampai ke Bumi.

Baca Juga: 21 Juni Akan Terjadi Gerhana Matahari Cincin, Termasuk di Indonesia

Sementara Gerhana Matahari Cincin adalah peristiwa yang terjadi saat Matahari, Bulan, dan Bumi tepat berada di satu garis. Pada saat itu, piringan Bulan yang teramati dari Bumi akan terlihat lebih kecil daripada piringan Matahari.

Kemudian, pada saat puncak gerhana terjadi, Matahari akan tampak menyerupai lingkaran cincin. Yakni tampak gelap di bagian tengah dan terlihat terang di bagian tepinya.

GMC  yang terjadi tanggal 21 Juni 2020 kali ini diperkirakan akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten 31 Provinsi. Sementara itu catatan magnitudonya antara 0,000 di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Menurut keterangan BMKG wilayah lainnya yang dilewati yakni dua kota di Bengkulu, tujuh kota di Lampung, sepuluh kota Jawa Tengah, serta tujuh kota di Jawa Timur. Hampir semua kota di Jawa Barat terkecuali Indramayu, Banten, dan DKI Jakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta daerah tidak akan dilalui GMC lantaran nilai magnitudo kurang dari 0. Serta ada 83 kota di Indonesia yang tidak dapat menyaksikan GMC.

Sementara itu negara selain Indonesia yang akan dilalui GMC  tanggal 21 Juni 2020 seperti Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, dan Yaman. Selain itu, wilayah Oman, Pakistan, India, China, hingga Samudera Pasifik.

GMC juga akan bisa dilihat dari bagian Afrika Utara dan Timur, Asia, Samudera Hindia, sebagian negara Eropa, serta bagian Australia Utara. Sementara untuk kawasan Samudera Pasifik, masyarakat dapat mengamati gerhana matahari sebagian.

Kejadian serupa akan diperkirakan akan terjadi 21 Mei 2031 mendatang. Peristiwa ini bisa dilihat dari Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Peristiwa langka ini juga akan terjadi pada 14 Oktober 2042, akan tetapi hanya sebagian wilayah saja yakni Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur.(bbs/*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL