Satpol PP Bakal Lakukan Patroli Tegakkan Disiplin Penerapan Protokol Covid-19

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.(dwi/wb)
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.(dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bakal melakukan patroli ke berbagai tempat, guna menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

"Sudah waktunya Satpol PP untuk melakukan patroli ke berbagai tempat keramaian, mulai dari pasar, kafe, rumah makan, tempat tongkrongan warga, serta ke tempat yang disinyalir menjadi tempat penularan Covid-19," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Senin  (15/6/2020).

Lanjutnya, patroli dilakukan guna menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di era kehidupan baru atau new normal saat ini, supaya semua elemen masyarakat harus disiplin mengikuti protokol kesehatan ini sehingga tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19 di Babel.

"Sengaja pagi hari ini saya mengikuti apel Satpol PP, guna meninjau kedispinan aparatur sipil negara (ASN) dalam melaksanakan tugasnya, terkhusus kepada Satpol PP," ujarnya.

"Ada beberapa tugas yang harus dilakukan Satpol PP dalam menjalankan protokol kesehatan Covid -19 di masyarakat, Satpol PP harus intens untuk turun ke lapangan, sehingga jalannya protokol kesehatan betul-betul dijalankan oleh seluruh masyarakat, karena dalam menjalankan hidup baru ini kita betul-betul harus menjunjung tinggi disiplin Covid ini, kalau tidak disiplin akan gagal menjalankan new normal ini," jelas Erzaldi.
 
Erzaldi menilai, sampai saat ini masyarakat belum sepenuhnya menjalankan protokol kesehatan Covid-19, hal itu dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah kasus penularan Covid-19 di Babel.

"Penambahan jumlah pasien Covid-19 di Babel ini harus menjadi perhatian, seperti kemarin ada tiga orang yang terjangkit virus," paparnya.

"Di Pangkalpinang ini klaster terbaru lagi dan klaster yang sangat ditakutkan yaitu di pasar. Kalau kasus ini terjadi di pasar itu sangat cepat sekali proses penularannya," tandasnya.
 
Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Babel harus mengambil langkah-langkah pencegahan, supaya kasus ini tidak terjadi lagi di hari-hari selanjutnya.

"Saya perintahkan kepada Kepala BPPD Babel, sekaligus Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel untuk segera melakukan koordinasi dengan Satgas Kota Pangkalpinang untuk mengambil langkah-langkah antisipasi, sehingga apa yang terjadi saat ini, segera dimbil tindakan supaya kasus ini tidak terulang," terangnya.

"Sampai saat ini belum ada tindakan tegas terkait pelanggaran protokol kesehatan oleh satgas Covid-19, karena sifatnya masih tingkat sosialisasi. Namun, kedepan akan segera dimulai penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19, dengan tujuan virus ini dapat dituntaskan, sehingga kehidupan bebas Covid-19 di Babel segera dapat terwujud," pungkas Erzaldi. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL