Bangka Belitung Memasuki Musim Pancaroba

Firman    •    Senin, 27 April 2020 | 15:52 WIB
Lokal
Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kota Pangkalpinang, Kurniaji.(dok)
Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kota Pangkalpinang, Kurniaji.(dok)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, memperkirakan di wilayah Provinsi Bangka Belitung sedang berada di akhir musim penghujan.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kota Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan, saat ini justru Provinsi Babel sedang berada di akhir musim penghujan.

"Justru sekarang kita sedang berada di akhir musim penghujan, dan kita biasanya masuk musim penghujan diawal Desember 2019 lalu," jelas Kurniaji, Senin (27/4/2020).

Dijelaskan Kurniaji, minggu depan tepatnya diawal Mei 2020 diperakirakan Provinsi Babel akan segera masuk musim peralihan atau pancaroba hujan ke kemarau.

"Bangka Belitung, umumnya akan menjalani sekitar 3 hingga 4 Minggu musim pancaroba, baik pancaroba hujan ke kemarau dan sebaliknya," tutur Kurniaji.

Selain itu Kurniaji juga menambahkan untuk perkiraan cuaca kondisi gelombang saat ini diprakirakan masih cukup kondusif antara 0,25 meter hingga 1,25 meter.

"Tapi kondisinya bisa saja berubah secara tiba-tiba ketika mulai tebentuk gugus awan-awan konvektif atau awan hujan di atas wilayah perairan," terangnya.

"Biasanya dimana terbentuknya awan-awan ini sangat identik dengan fenomena hujan lebat dan angin kencang di perairan maupun daratan, namun, cuaca akan kembali kondusif ketika hujan sudah reda," tukas Kurniaji.(fn/wb)



MEDSOS WOWBABEL