Kondisi Pasien Positif Covid-19 di Belitung Terus Membaik

Tim_Wow    •    Senin, 06 April 2020 | 19:14 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

TANJUNGPANDAN,www.wowbabel.com -- Kondisi pasien 034 Covid19 confirm positif yang dirawat di RSUD H Marsidi Judono (RSMJ) Tanjungpandan, Kabupaten Belitung terus baik.

Dalam rilis yang dikirim Direktur RSUD H Marsidi Judono yang jugaTim Gugus tugas Covid 19 Belitung, dr Hendra, pasien 034 sudah tidak menggunakan infus lagi.

"Kita doakan bersama-sama kondisi pasien 034 positif Covid-19 terus membaik. Sampai didapatkan dua kali hasil pemeriksaan swab berturut-turut menunjukkan hasil negatif maka pasien tersebut akan dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang," kata dr Hendra dalam rilisnya Senin (6/4/2020).

Hendra mengungkapkan pihaknya hari ini mendapat kabar baik dari PusLitbangkes Biomedis dan Tehnologi Dasar Kesehatan Kemenkes terkait update terbaru empat hasil pemeriksaan swab metode PCR terhadap 4 specimen pasien yang dikirim pada Jumat (3/4/2020).

Adapun hasilnya sebagai berikut Ps.002/Lk/31 Th/hasil :Negatif, Ps. 082/Lk/57 Th/hasil: Negatif, Ps. 138/Pr/44 Th/ hasil: Negatif dan Ps. 139/Lk/25 Th/hasilnya pun: Negatif.

"Dengan keluarnya empat hasil pasien tersebut berarti sampai saat ini jumlah pasen positif Covid-19 di Pulau Belitung tidak berubah tetap satu pasien positif Covid-19 yaitu pasen 034," ujar Hendra.

"Kabar menggembirakan untuk pasen 002 yang sudah cukup lama kita tunggu-tunggu hasilnya pada pemeriksaan ulang pertama atau swab satu hasilnya sudah keluar dan dinyatakan negatif namun untuk pemeriksaan swab ulang kedua belum sempat kami lakukan," tutur Hendra.

Dikatakan Hendra, kabar baik juga dari keempat sampel diatas ada dua kontak erat cluster pasen 034 Covid-19 positif yaitu satu petugas kesehatan yang bertugas di ruang isolasi RSUD dengan Rapid Test reaktive hasil (swab 1 dan 2) didapatkan hasil Negatif dan 1 wanita 44 th (swab 1) seorang anggota masyarakat hasil swap dengan metode PCR dengan hasil negatif. Dan seorang laki-laki berusia 54 tahun PDP (swab 1 dan 2) hasil nya pun negatif.

Dua hari terakhir laboratorim RSUD dr Marsidi Judono telah mengambil 20 specimen swab sampel dari 7 pasien OTG dengan hasil Rapid Test reaktif, dua pasien PDP dan satu pasien positif untuk dikirim kembali ke Puslitbangkes Biomedis dan Tehnologi Dasar Kesehatan, Selasa (7/4/20207 dengan City Link.

"Perlu kami sampaikan sampai hari ini RSMJ telah menangani 291 orang terkait cCvid19 yang terdiri dari 13 PDP, 81 ODP, 196 OTG dan 1 kasus positif Covid-19. Sampai jam 13 siang tadi kami pun telah melakukan 236 pemeriksaan rapid test kepada pasen PDP, ODP maupun OTG dengan hasil 224 not reactifdan 8 reaktif(8 OTG) karena ada 4 OTG yang diperiksa 4 kali dengan hasil 3 reaktif dan 1 non Reaktif," ungkap dr Hendra.

Ditambahkan Hendra, sejauh ini pihaknya sedang merawat 7 pasen diantaranya 5 PDP, 1 ODP dan 1 pasen covid19 Positif di ruang B dan semua pasen yang dirawat dalam komdisi baik dan stabil tidak ada yang sakit berat sampai membutuhkan perawatan dengan bantuan ventilator ataupun alat kedokteran canggih lainnya. Bahkan sebagian besar pasien sudah tidak memerlukan pemasangan infus maupun pemberian oksigen.

"Masyarakat tetap waspada, jalankan terus instruksi pemerintah dan berdoa agar Belitung dapat melalui bencana non alam ini dengan tidak menimbulkan korban," tukas Hendra.(ril/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL